NEWS

Korlantas Polri Proyeksikan Puncak Arus Balik Nataru 1 Januari 2024

Rekayasa lalu lintas akan disiapkan.

Korlantas Polri Proyeksikan Puncak Arus Balik Nataru 1 Januari 2024Ilustrasi kepadatan lalu lintas/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
by
27 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak Arus Balik liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024.

Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Aan Suhanan mengatakan 1 Januari mendatang merupakan puncak arus balik kedua setelah Selasa, 26 Desember 2023.

“VC (volume capacity) ratio-nya cukup besar. Kami harus melakukan one way dari KM 188, atau dari Tol Kalikangkung KM 414 one way, dimulai pukul 14.00 WIB. Hal ini bersifat situasional,” kata Aan dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12)

Untuk puncak arus balik kedua, Aan menyebutkan pelaksanaannya akan dimulai pada Sabtu (30/12). Pihaknya pun akan menyiapkan rekayasa lalu lintas mulai dari contra flow sampai one way untuk mengurai kepadatan yang kemungkinan besar akan terjadi.

Pada puncak arus balik pertama, Korlantas Polri telah memberlakukan rekayasa lalu lintas bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta mulai pukul 14.00 WIB.

Skema rekayasa lalu lintas

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri Komisaris Besar Edy Djunaedi mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk mengantisipasi puncak arus balik libur Natal 2023.

Rencananya, rekayasa lalu lintas dimulai pukul 14.00 hingga 24.00 WIB. Berikut perinciannya:

1. Akan dilakukan rekayasa lalu lintas one way dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan sampai dengan KM 72 GT Cikampek Utama

2. Dilanjutkan rekayasa lalu lintas contraflow menggunakan 2 lajur dari KM 72 sampai dengan KM 47

3. Dari KM 47 sampai dengan KM 36 menggunakan rekayasa lalu lintas contraflow 1 lajur

4. Kendaraan dari Bandung yang akan menuju ke Cirebon melewati Tol Cisumdawu akan diarahkan untuk keluar di Exit ujung Jaya Majalengka-Cirebon-Palimanan 3

5. Kendaraan yang berada pada jalur one way arah balik bisa keluar melalui gate interchange: Sumber Jaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati, dan Cikopo

Related Topics