NEWS

Masuk Tahun Politik, Bahlil: Malah Agresif Realisasikan Investasi

Tidak terlepas dari stabilitas perekonomian dalam negeri.

Masuk Tahun Politik, Bahlil: Malah Agresif Realisasikan InvestasiMenteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan data capaian realisasi investasi Triwulan III (Juli-September) Tahun 2023. (Tangkapan layar YouTube Kementerian Investasi)
by
20 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan investor masih tertarik menanamkan modalnya di Indonesia pada tahun politik.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ia mengeklaim pihak investor asing menaruh kepercayaannya untuk berinvestasi menjelang Pemilu.

"Kalau ada orang mengatakan di tahun politik terjadi wait and see itu biasa, tapi ini yang terjadi bukan wait and see. Mereka malah agresif merealisasikan investasi yang telah mereka komitmenkan," kata dia dalam konferensi pers Realisasi Investasi Triwulan III tahun 2023 yang disiarkan secara virtual, Jumat (20/10).

Berdasarkan catatan Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi sejak Januari hingga September 2023 telah mencapai Rp1.053,1 triliun. Realisasi investasi dalam periode tersebut tumbuh 18 persen secara tahunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Nilai investasi ini setara 75,2 persen dari target Rp1.400 triliun dari Presiden Joko Widodo.

Secara mendetail, realisasi investasi di Indonesia dibentuk oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp559,6 triliun, tumbuh 16,7 persen secara tahunan dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp493,5 triliun atau tumbuh 19,5 persen secara tahunan.

Serap tenaga kerja lebih banyak

Menurut Bahlil, masih terjaganya pertumbuhan realisasi investasi nasional tidak terlepas dari stabilitas perekonomian dalam negeri. Hal ini menjadi sentimen positif bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Lebih lanjut Bahlil mengatakan bahwa investasi yang telah ditanamkan pada Januari hingga September telah menyerap 1,36 juta tenaga kerja. Pihaknya terus mendorong investor terkait industri padat karya untuk meningkatkan serapan tenaga kerja.

"Kita minta untuk ada padat karya dan ada yang berbasis teknologi tingkat tinggi. Yang padat karya kita minta untuk merekrut lapangan pekerjaan dibandingkan tahun kemarin," ujarnya.

Optimis mencapai target investasi di tahun politik

Bahlil yakin target realisasi investasi tahun ini yang mencapai Rp1.400 triliun dapat tercapai. Bahkan, dia optimistis pihaknya dapat memenuhi target realisasi investasi tahun depan yang dipatok Rp1.650 triliun. 

"Stabilitas perekonomian kita cukup baik, sekalipun ini di tahun politik. Semoga ini bisa benar-benar terjaga," ujarnya.

Mengenai prospek investasi ini, Bahlil mengaku pihaknya baru akan menerbitkan kajian pada November. Tekait dengan Pemilu 2024, dia berharap calon presiden dan calon wakil presiden yang berkonstetasi dapat berfokus pada adu gagasan ketimbang saling sikut dan memecah belah.

"Biar rakyat yang menilai. Itu jauh lebih baik dalam prespektif mendorong agar stabilitas domestik kita terjaga," katanya.

Related Topics