NEWS

Mendag Klaim Harga Cabai di Pasar Mulai Turun

Mendag telah meninjau stabilitas harga dan pasokan di pasar.

Mendag Klaim Harga Cabai  di Pasar Mulai TurunPedagang di Pasar Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, sedang menunjukkan cabai yang harganya sedang naik, Senin (28/2). (ANTARAFOTO/Jojon)
04 January 2024

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan harga cabai yang sebelumnya melejit pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mulai mengalami penurunan.

"Memang Desember itu harga cabai melejit itu musiman dan musim hujan banyak panen gagal," kata Zulkifli dalam acara konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (4/1).

Pagi tadi, dia mengaku telah melakukan kunjungan ke Pasar Palmerah, Jakarta Barat, untuk meninjau stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Selain mengunjungi pasar tersebut, dia mengaku kerap meninjau stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di pasar-pasar lainnya.

Dalam kunjungannya, dia menemukan bahwa rata-rata harga cabai telah berada pada kisaran Rp70.000 per kilogram di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sementara, di Jawa harga cabai sudah turun menjadi Rp45.000–50.000 per kilogram, dan di Sumatera rata-rata dipasarkan dengan harga Rp35.000 per kilogram.

Ada pengaruh dari musiman

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.