NEWS

Profil Anggota G20, Nilai PDB, dan Sumber Perekonomiannya

Indonesia saat ini menerima mandat untuk menjadi presidensi.

Profil Anggota G20, Nilai PDB, dan Sumber PerekonomiannyaBendera negara-negara G20. (Tangkapan layar)
by
16 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali akan mencapai puncaknya hari ini, Rabu (16/11). Pada 2022, Indonesia mendapat mandat untuk menjadi Presidensi G20 dan menjadi kali pertama negara berkembang memegang amanah tersebut.

G20 tidak memiliki pemimpin atau ketua tetap. Fungsi presidensi dipegang satu anggota selama satu tahun. Karena tidak memiliki ketua, status presidensi berjalan secara bergiliran mengikuti tiap tahun berganti.

Forum kerja sama multilateral G20 terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU) yang memiliki kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang hingga negara maju.

Negara-negara anggota G20 memiliki produk domestik bruto dalam rentang yang cukup luas. Skala perekonomian Indonesia yang besar membuatnya bisa masuk ke dalam forum elite ekonomi itu. Berikut profil negara-negara anggota G20.
 

1. Argentina

PDB: US$491,5 miliar

Mata Uang: peso Argentina (ARS) 

Luas Wilayah: 2,78 juta km2

Jumlah Penduduk: 45,38 juta jiwa

Sumber perekonomian terbesar adalah jasa, manufaktur, agribisnis, peternakan. Industri utama meliputi pengolahan makanan, produksi mobil, tekstil, produksi energi, pertambangan, kimia.

2. Australia

PDB: US$1,54 triliun

Mata Uang: dolar Australia (AUD)

Luas Wilayah: 7,69 juta km2

Jumlah Penduduk: 25,69 juta jiwa

Sumber perekonomian utama Australia berupa logam dan pertambangan, keuangan, konsultasi bisnis, energi dan utilitas, dan kesehatan.

Related Topics