Comscore Tracker
NEWS

BLT BBM Tahap 2 Mulai Cair ke 3 Juta Penerima Manfaat

Penyaluran BLT berbarengan dengan PKH dan BPNT.

BLT BBM Tahap 2 Mulai Cair ke 3 Juta Penerima ManfaatPresiden Jokowi menyerahkan BLT BBM Perdana di Jayapura. (dok. Pos Indonesia)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Program bantuan langsung tunai (BLT) BBM tahap 2 mulai disalurkan kepada 20,65 juta kelompok penerima manfaat (KPM). PT Pos Indonesia (Persero), salah satu BUMN yang ditugaskan menyalurkan BLT BBM, mengatakan telah mengirimkan bantuan tunai tersebut kepada 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) atau sekitar 14 persen dari total penerima.

"Tiga hari penyaluran Rabu, Kamis, Jumat (23-25 November 2022) telah tersalurkan kepada 3 juta KPM. Rata-rata per hari kita salurkan kepada 1 jutaan KPM,” ujar Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris dalam keterangan resminya, dikutip Senin (28/11).

Haris menuturkan, penyaluran BLT BBM tahap kedua tersebut ditargetkan rampung dalam 10 hari yakni menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia, yakni 20,65 juta KPM.

Selain BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, PT Pos Indonesia juga menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan IV kepada 10 juta KPM. Besaran nominal bantuan beragam mulai Rp255 ribu hingga Rp3,9 jutaan bergantung hak penerima.

Selain itu, ada penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (bansos sembako) triwulan IV kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp255 ribu.

Berbarengan dengan PKH dan BPNT

Lantaran itu lah, menurut Haris, periode penyaluran BLT BBM kali ini cukup menantang karena PT Pos menyalurkan tiga bantuan sekaligus--berbarengan dengan penyaluran PKH dan BPNT (bansos sembako).

"Karena menyalurkan tiga bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” kata Haris.

Meski demikian, ia memastikan PT Pos Indonesia siap menyalurkan berbagai bantuan tersebut dengan lancar seperti sebelumnya. Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal), Haris juga optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” sebutnya.

Sementara itu, Executive General Manager Kantor pos Cabang Utama (KCU) Denpasar Nandi Hidayat menambahkan penyaluran BLT BBM tahap 2, PKH, dan bansos sembako di Bali berjalan lancar.

"Kami menargetkan tersalurkan kepada lebih dari 4 ribu KPM yang tersebar di 24 desa dan kelurahan. Agar penyaluran berjalan baik, kami memperbanyak petugas juru bayar, ada sekitar 10 orang," katanya pada Ahad (27/11).

Related Articles