NEWS

Catat ! 12 Ruas Tol Berlakukan Diskon Tarif Arus Balik Hari Ini

Diskon tarif diberikan mulai dari 20 persen.

Catat ! 12 Ruas Tol Berlakukan Diskon Tarif Arus Balik Hari IniJalan Tol Tangerang-Merak milik Astra Infra Group. (Dok. Istimewa)
27 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mulai memberlakukan diskon tarif pada 12 ruas tol untuk mengurai kepadatan arus balik Lebaran 2023 hari ini, Kamis (27/4). Sebelumnya pemberlakuan diskon tersebut diumumkan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam siaran resmi pada Minggu (23/4).

Ruas tol yang dikorting juga bertambah dari sebelumnya hanya enam, yakni 3 ruas di Pulau Jawa (jalan tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing) dan 3 ruas di Pulau Sumatera (jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung). 

Enam ruas baru yang didiskon tarif tolnya adalah tol TransJawa dari Jakarta hingga Semarang, yakni:

  1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT. Jasamarga Semarang Batang;
  2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT. Pemalang Batang Toll Road;
  3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT. Pejagan Pemalang Toll Road;
  4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya;
  5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk;
  6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT. Lintas Marga Sedaya

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, dalam keterangan resmi sebelumnya menyampaikan bahwa diskon tarif tol ini diberlakukan untuk ruas terjauh, yakni sebesar 20 persen. Masa pemberlakuannya dimulai pukul 06.00 WIB pada 27 April sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono.

Badan usaha obral diskon tarif tol 

Sebelumnya, diskon tarif tol pada 6 ruas pertama pada arus balik Lebaran 2023 27-29 April diberikan lima badan usaha. Pertama, oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

Kedua, oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Diskon tarif tol diberikan untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh (masuk Gerbang Tol Bakauheni Selatan keluar Gerbang Tol Kayu Agung).

Ketiga, diskon diberikan oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST). Ruas tol yang didiskon meliputi Kayu Agung-Palembang-Betung.

Keempat, PT Marga Mandalasakti (Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak) juga memberikan diskon untuk jalan tol Tangerang-Merak pada tanggal yang sama. 

Terakhir, diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada 14–30 April. Besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15 persen, Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," kata Triono. 

Related Topics