NEWS

Daftar Wilayah Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertamina

Perluasan uji coba tunggu kesiapan sistem dan infrastruktur.

Daftar Wilayah Uji Coba Beli Pertalite Pakai MyPertaminaAplikasi MyPertamina. (Shutterstock/Poetra.RH)

by Hendra Friana

29 June 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), resmi mengumumkan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina di sejumlah wilayah mulai 1 Juli mendatang.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan, ada 4 kota/kabupaten di wilayahnya yang akan mulai mengujicoba model transaksi tersebut.

Namun penerapan kebijakan ini hanya akan menyasar pengguna kendaraan roda empat terlebih dahulu. 

“Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis akan menjadi 4 kota/kabupaten yang terlebih dahulu mulai dilakukan pendataan bagi pemilik kendaraan roda empat melalui laman subsiditepat.mypertamina.id sebagai website untuk pendaftaran masyarakat” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (29/6).

Menurut Eko, kebijakan tersebut diterapkan sebagai bentuk kepatuhan Patra Niaga—selaku operator yang ditunjuk Pemerintah dalam menyalurkan BBM Subsidi—dalam mematuhi regulasi yang berlaku, antara lain Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020. Diantaranya memastikan penyaluran Pertalite dan Solar ini tepat sasaran dan tepat kuota. 

Ia juga menegaskan bahwa uji coba di wilayah lain akan dilakukan secara bertahap sambil memastikan kesiapan sistem dan infrastrukturnya.

Pendaftaran tanpa MyPertamina

Lebih lanjut, Eko menerangkan tahapan pendaftaran kendaraan roda empat yang akan membeli BBM jenis Pertalite dan Solar di SPBU Pertamina. Pertama, melakukan registrasi melalui situs web subsiditepat.mypertamina.id.

“Perlu diketahui masyarakat, bahwa di 4 kota/kabupaten ini masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum mengunduh aplikasi MyPertamina, karena untuk registrasi cukup melakukan pendaftaran di website tersebut” imbuhnya. 

Jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar, pengguna akan mendapatkan QR Code Unik yang dapat digunakan melalui aplikasi MyPertamina ataupun di print/simpan di galeri ponsel masing masing 

Setelahnya, QR Code tersebut akan dicocokan datanya di SPBU sebelum Pertamina melayani transaksi Pertalite dan Solar.

“Jadi untuk pembayaranpun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya, tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina” tambah Eko

Adapun untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran Pertalite dan Solar subsidi menggunakan sistem MyPertamina, kata Eko, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.