NEWS

Mulai Hari Ini, Beli Solar Wajib Terdaftar MyPertamina di 234 Wilayah

Penggunaan full QR untuk beli Solar akan diperluas.

Mulai Hari Ini, Beli Solar Wajib Terdaftar MyPertamina di 234 WilayahAplikasi MyPertamina. (Shutterstock/Poetra.RH)
25 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina (Persero) akan mewajibkan penggunaan QR Code MyPertamina untuk pembelian BBM jenis Solar per hari ini, 25 Mei 2023. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan Full QR akan diberlakukan secara bertahap pada 234 Kota atau Kabupaten. 

Menurut Irto, wilayah-wilayah tersebut telah menerapkan mekanisme full registrant dalam periode 2 minggu ke belakang. Dari evaluasi yang dilakukan Pertamina, performa transaksi penggunaan QR untuk pembelian solar di wilayah-wilayah tersebut juga sudah cukup baik dan siap menerapkan Full QR.

“Mengingat penyaluran Solar subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya, maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar subsidi. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya,” jelas Irto dalam keterangan resminya, Kamis (25/5).

Irto mengatakan penerapan Full QR juga merupakan bagian dari komitmen Pertamina Patra Niaga untuk menjaga penyaluran Solar subsidi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan.

Pada awal penerapan Full QR, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan titik print QR di beberapa SPBU.

“Jadi masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar subsidi,” katanya.

​​​​​Menurut Irto, Full QR ini memiliki beberapa manfaat bagi pengguna Solar Subsidi itu sendiri, terutama dalam hal keamanan kuota harian yang berhak dibeli oleh penggunanya, serta evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.

“Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code. Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat,” ujarnya.

Minta dukungan berbagai stakeholder

Irto berharap Program Subsidi Tepat Full QR pada tahap awal ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkan penyaluran Solar subsidi yang lebih transparan serta mempersempit ruang gerak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan penggunaan Solar subsidi.

“Kita memiliki tujuan yang positif, dimana Subsidi Tepat ini untuk menjamin kuota BBM bersubsidi terjaga, digunakan sesuai regulasi yang berlaku, dan transparan penggunaannya. Pertamina Patra Niaga juga akan terus mengevaluasi pelaksanaannya dan terus memastikan pelayanan berjalan dengan baik,” kata Irto.

Wilayah-wilayahnya dapat dicek melalui website https://mypertamina.id/daftar-spbu-uji-coba-subsidi-tepat pada kolom update per 25 Mei 2023.

Untuk informasi mengenai pendaftaran, masyarakat bisa mengunjungi langsung website subsiditepat.mypertamina.id, dan seluruh informasi bisa diakses melalui website mypertamina.id, media sosial @mypertamina dan @ptpertaminapatraniaga, serta jika butuh bantuan dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Related Topics