NEWS

Pertamina Proses Ganti Harta Benda Warga Terdampak Insiden Plumpang

Posko didirikan untuk mempermudah proses ganti rugi.

Pertamina Proses Ganti Harta Benda Warga Terdampak Insiden PlumpangKebakaran Depo Pertamina Plumpang. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
18 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - ​​​PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mendirikan posko informasi terpadu untuk mempermudah proses penggantian harta benda warga yang terdampak insiden kebakaran area pipa terminal terpadu Jakarta-Plumpang pada awal Maret lalu.

Posko yang berdiri di Koramil Koja, tidak jauh dari lokasi kejadian kebakaran, memfasilitasi korban untuk bertanya mengenai hal-ihwal kelengkapan dokumen yang dibutuhkan hingga tahapan pembayaran bagi warga yang dokumennya telah dinyatakan lengkap.

"Komitmen Pertamina dalam proses penggantian kami usahakan secepat mungkin bagi yang sudah lengkap dokumennya sesuai ketentuan," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, dalam keterangan resmi pers yang dikutip Selasa (18/7). 

Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pengurus rukun warga (RW) setempat, Sucofindo untuk verifikasi data, kantor jasa penilai publik (KJPP) dan Pegadaian untuk penaksiran nilai kendaraan dan harta benda lainnya.

Perseroan juga menggandeng Polda Metro Jaya dalam hal pengurusan dokumen kendaraan warga yang raib dalam insiden kebakaran. Warga dapat langsung melakukan proses pengurusan surat keterangan kepemilikan kendaraan bermotor di posko tersebut.

Kompensasi terus diupayakan

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan Pertamina terus mengupayakan proses kompensasi kepada masyarakat yang terdampak insiden Plumpang dengan sebaik-baiknya.

"Pertamina terus memonitor penyelesaian proses kompensasi sesuai aturan yang berlaku dan juga yang telah melalui proses verifikasi," ujarnya.

Abdul Rahim, warga RW 01 Rawa Badak Selatan yang terdampak kebakaran, mengaku telah mendapat penggantian dari Pertamina, dan masih terus memproses kelengkapan dokumen untuk sejumlah harta yang belum diganti.

"Saat ini, saya sudah mendapat penggantian motor saya yang terbakar, bantuan uang kontrakan, untuk harta benda yang terbakar juga lagi proses. Apabila dokumen sudah lengkap, proses penggantiannya cukup cepat," katanya. 

Kepala RW 01 Rawa Badak Selatan, Bambang Setiyono, menyatakan komunikasi dengan Pertamina dari berbagai level jabatan sangat lancar sehingga memudahkan dalam proses penggantian ini.

"Kami berharap penggantian harta benda warga yang telah lengkap dokumennya tetap berjalan lancar dan aman serta cepat sesuai dengan yang telah berjalan ini," ujarnya.

Related Topics