NEWS

PUPR Telah Rampungkan 87 Proyek Strategis Nasional

PSN ditugaskan menggarap 125 PSN.

PUPR Telah Rampungkan 87 Proyek Strategis NasionalMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (Tengah) di jalur Lintas Pansela. (dok. PUPR)
27 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan158 proyek strategis nasional (PSN) dengan nilai investasi Rp1.102,7 triliun telah dirampungkan pemerintah. Jumlah tersebut setara 75,2 persen dari total 210 PSN yang dtargetkan pemerintah. 

Ini terdiri dari 51 jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, 2 perumahan, tanggul laut pesisir Jakarta, Kawasan Industri Terpadu Batang, dan Universitas Islam Internasional Indonesia.

“Kuncinya ada di infrastruktur. Dan yang paling banyak ada di porsi Kementerian PUPR yaitu 125 PSN. Semoga masyarakat menjadi aware dengan apa yang telah kita bangun secara fisik. Karena itu semua yang membuat ekonomi kita berdaya saing,” kata Airlangga dalam keterangan pers yang dikutip Kamis (27/7).

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya mengemban tugas untuk menyelesaikan 125 PSN, seperti tertuang dalam Permenko bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022. Hingga Juli 2023, 87 PSN atau 70 persen di antaranya telah selesai.  

“Pada akhir tahun 2023, kami menargetkan penyelesaian pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang dan 24 proyek PSN lainnya,” ujar Basuki dalam kegiatan Conference of Sewindu National Strategic Projects (PSN) dengan tema “Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045”, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, kemarin (26/7).

Menurut Basuki, PSN dirancang dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur yang diharapkan dapat menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Infrastruktur memegang peran dan kontribusi dalam rangka pertumbuhan negara kita. Tidak hanya menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing bangsa, tetapi juga untuk pemerataan pembangunan dan keadilan sosial,” kata Basuki.

Perincian PSN PUPUR

Dalam bidang sumber daya air, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 36 bendungan dengan kapasitas 1,9 juta m3. Kemudian dalam bidang Bina Marga, telah selesai pembangunan PSN jalan tol sepanjang 1.500 km dari 27 proyek jalan tol melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) seperti Tol Cisumdawu, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Balikpapan-Samarinda.

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan 7 proyek dalam sektor perumahan, dan telah mengimplementasikan skema KPBU pada sektor penyediaan air minum di SPAM Regional Umbulan, SPAM Regional Semarang Barat dan SPAM Regional Banjarbakula. Kapasitas layanannya sekitar 5.750 liter per detik, dan melayani sekitar 500.000 SR.

Pada peringatan sewindu PSN ini, Basuki juga menyampaikan bahwa program ini telah berhasil mengakselerasi pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan tangguh bencana yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Ini merupakan bentuk laporan kepada masyarakat tentang apa yang sudah Kementerian PUPR lakukan. Hal ini merupakan bentuk kepercayaan bagi Kementerian PUPR sehingga saya selalu menyampaikan bahwa insan PUPR harus bekerja lebih keras, bergerak lebih cepat dan bertindak lebih tepat,” ujar Basuki.

Related Topics