NEWS

Stok Pertalite Jelang Mudik Lebaran Cuma Sampai 10 Hari

Pertamina tambah pasokan.

Stok Pertalite Jelang Mudik Lebaran Cuma Sampai 10 HariANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
12 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) memastikan stok BBM dan LPG mencukupi jelang musim mudik hingga Lebaran. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan Tim Satgas RAFI (Ramadan dan Idulfitri) yang dibentuk Pertamina akan terus memastikan kelancaran penyaluran energi kepada masyarakat.

Ketahanan Stok Pertamina JBB per tanggal 11 April 2022 untuk Gasoil mencapai 7 hari. Kemudian, untuk Gasoline, ketahanan stok Pertamina mencapai lebih dari 16 hari sementara stok Biosolar berada di angka 25 har. Adapun stok Pertalite, sedikit terbatas dengan ketersediaan hingga 10 hari.

“Dengan konsumsi masyarakat 10 persen dari stok yang ada maka ketahanan stok kami masih mumpuni menghadapi lonjakan konsumsi masyarakat,” jelas Eko dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (12/4).

Eko menuturkan, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa SPBU Siaga, Agen & Outlet LPG Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, Mobil tangki stand by, dan fasilitas kesehatan.

Di samping itu, Pertamina juga turut menyiagakan 1550 SPBU, 423 Pertashop, 1496 agen LPG PSO, dan lebih dari 38 ribu pangkalan LPG PSO. Lembaga penyalur tersebut tetap siaga beroperasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan BBM dan LPG.

Penyaluran BBM dan LPG

Dalam kesempatan sama, Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Waljiyanto menyebut perusahaannya juga memberikan layanan tambahan dengan menyiapkan modular, SPBU Kantong dan Motorist Pengantar BBM sepanjang Ramdan.

“Berbagai penyesuaian telah kami lakukan untuk memastikan kebutuhan BBM dan LPG terpenuhi dengan baik untuk seluruh masyarakat di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” ujar Waljiyanto dalam 

Pada wilayah Jawa Bagian Barat, pasokan BBM dan LPG di Jabodetabek disalurkan dari Integrated Terminal Jakarta. Kemudian untuk wilayah Banten pasokan berada di Fuel Terminal Tanjung Gerem dan LPG Terminal Tanjung Sekong. Sedangkan untuk di wilayah Jawa Barat, pasokan berada di Fuel Terminal Ujung Berung, Fuel Terminal Cikampek, Fuel Terminal Padalarang, Fuel Terminal Tasikmalaya, Integrated Terminal Balongan, dan Fasilitas LPG Cirebon

“Pasca penyesuaian harga Pertamax 1 April lalu, Pertamina segera lakukan upaya normalisasi dan build stock di SPBU khususnya untuk produk Pertalite dan Biosolar. Untuk itu Kami pastikan stok BBM di wilayah Jawa Bagian barat dalam kondisi yang aman dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadhan ini begitupun dengan LPG,” ujarnya 

Waljiyanto menegaskan harga biosolar dan Pertalite akan tetap sama meskipun harga minyak dunia tengah tinggi

"Meskipun gejolak geopolitik Rusia-Ukraina masih terjadi dan harga minyak dunia naik tajam sampai dengan saat ini. Harga biosolar dan Pertalite yang mendominasi market share sebanyak 84 persen di Indonesia ini masih tetap sama, begitupun dengan Elpiji 3 Kg yang harganya tidak naik,” tandasnya.

Related Topics