NEWS

9 Negara Tanpa Malam Hari, Tertarik Mengunjunginya?

Fenomena yang terjadi di negara tertentu saja

9 Negara Tanpa Malam Hari, Tertarik Mengunjunginya?Ilustrasi midnight sun (Unsplash/@julienlavallee)
05 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jika pada umumnya waktu malam hari di Indonesia dimulai setelah Matahari tenggelam, maka tidak pada wilayah di sejumlah negara berikut ini. 

Pasalnya, wilayah tersebut tidak mengalami malam hari yang gelap sama sekali, akibat Matahari yang selalu bersinar sepanjang hari.

Peristiwa ini disebut Midnight Sun, sebuah fenomena alam yang hanya terjadi pada bulan-bulan musim panas di utara lingkar Arktik dan di bagian selatan lingkar Antartika.

Midnight sun bisa terjadi karena kemiringan garis ekuator adalah sebesar 23,4 derajat. Karena kemiringan ini, salah satu kutub di Bumi akan miring ke arah Matahari.

Alhasil, terdapat sejumlah negara tanpa malam hari dan mengalami apa yang disebut dengan midnight sun. Mana saja negara yang dimaksud? Simak ulasan di bawah ini!

1. Reykjavik, Islandia

Ilustrasi Kota Reykjavík (Unsplash/@anniespratt)

Negara tanpa malam hari yang pertama adalah Islandia, dengan wilayahnya yang bernama Reykjavik, yang merupakan ibu kota negara kecil di Eropa Utara ini.

Islandia terkenal dengan negara yang memiliki pesona alam yang indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, tak terkecuali bagi mereka yang ingin melihat fenomena midnight sun.

Untuk bisa merasakan midnight sun, Anda bisa mengunjungi wilayah ini mulai tanggal 16-29 Juli setiap tahunnya.

2. Fairbanks, Alaska

Ilustrasi Alaska (Unsplash/@ppkjonathan)

Related Topics