NEWS

Prabowo Bertemu Xi Jinping, Ini yang Dibahas

Cina dianggap sebagai mitra kunci di kawasan.

Prabowo Bertemu Xi Jinping, Ini yang DibahasMenteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Presiden Cina Xi Jinping, Senin (1/4).
02 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Tiongkok, Xi Jinping, di the Great Hall of the People in Beijing. Dalam pertemuan bilateral ini, Prabowo menyatakan harapan untuk dapat terus mengimplementasikan terkait rencana aksi penguatan kemitraan strategis antara Indonesia dan Cina.

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang Cina adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Prabowo melalui siaran pers, Senin (1/4).  Ia menambahkan, “Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra.”

Komitmen Cina

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Presiden Cina Xi Jinping, Senin (1/4).

Sementara itu, dalam pertemuan itu, Presiden Xi Jinping menyatakan komitmen Cina untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Hal ini menunjukkan keinginan Cina untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Presiden Xi Jinping juga menegaskan bahwa Cina siap untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta global. Presiden Xi menekankan pentingnya kerja sama antara Cina dan Indonesia dalam menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, Cina juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan. Selain itu, Cina juga berkomitmen untuk membantu negara-negara ASEAN dalam upaya pengentasan kemiskinan, menunjukkan peran aktif Cina dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Related Topics