NEWS

Ganjar Targetkan Anggaran Kemenhan 2% PDB, Bisa Tercapai?

Anggaran Kemenhan 2% PDB sulit untuk dicapai.

Ganjar Targetkan Anggaran Kemenhan 2% PDB, Bisa Tercapai?Pesawat CN-235. (dok. PTDI)
08 January 2024

Jakarta, FORTUNE - Debat ketiga Calon Presiden (Capres) yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik telah terselenggara. Dalam momen tersebut, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menargetkan anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan mencapai 2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Anggaran itu nantinya akan diarahkan untuk infrastruktur teknologi pertahanan RI.

“Pertahanan RI harus masuk pada wilayah 5.0 dengan teknologi sakti, seperti rudal hipersonik, senjata cyber, sensor quantum dan sistem senjata otonom dan itu bisa dilakukan kalau Anggaran Kemenhan 1-2 persen dari PDB, sehingga  Minimum Essential Force (MEF) kita bisa tercapai,” kata Ganjar dalam debat yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, (7/1).

Dalam momen debat tersebut, Ganjar juga mengutamakan penguatan infrastruktur pertahanan di matra laut hingga udara untuk menjaga kedaulatan bangsa. Namun demikian, dalam merealisasi tersebut, akankah dapat diraih dengan mudah?

 

Anggaran Kemenhan 2% PDB sulit untuk dicapai

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.