Comscore Tracker
NEWS

Ini 4 Kuliner Khas Semarang dan Alamat Lengkapnya

Makanan khas Semarang sangat bervariasi.

Ini 4 Kuliner Khas Semarang dan Alamat Lengkapnyailustrasi Semarang (unsplash.com/Denissa Devy)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Semarang Jawa Tengah tak hanya dikenal karena tempat wisatanya yang bersejarah dan berkesan. Tetapi, sebagai kota lumpia ini juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner. 

Selain tahu gimbal, kamu juga bisa menemukan ragam makanan lezat lainnya. Di Semarang Anda bisa icip-icip mi ayam, soto, bakso legendaris, hingga es puter. 

Nah, kalau kamu berencana main ke Semarang,  berikut rekomendasi kuliner di Semarang beserta alamatnya. Simak di bawah ini, ya! 

Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu gimbal memang merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Salah satu tahu gimbal yang enak di semarang adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy. 

Seporsi tahu gimbal berisi lontong, sayur kol, telur, taoge, tahu, dan udang, lalu disiram saus kacang. Nah, yang spesial dari Tahu Gimbal Pak H. Edy adalah saus kacangnya yang kental dan terasa bawang putihnya. 

Lokasi: Jalan Pandanaran Nomor 2, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. 

Babat Gongso Pak Karmin dan Mie Kopyok Pak Dhuwur

Babat Gongso Pak Karmin merupakan warung legendaris di Semarang. Dibuka sejak 1971, tempat ini menyajikan babat empuk, gurih, dan tidak berbau amis pada umumnya. 

Lokasi: Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 

Selain itu, terdapat kuliner lainnya bernama Mie Kopyok Pak Dhuwur. Satu porsi mie kopyok terdiri dari lontong, mi kuning, tahu, taoge, dan kerupuk gendar. Salah satu mie kopyok yang enak di Semarang yakni Mie Kopyok Pak Dhuwur. Paduan mi yang lembut, dengan kuah gurih, serta taoge segar. 

Lokasi: Jalan Tanjung Nomor 18A, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Soto Bokoran 1949

Satu lagi kuliner legendaris yang wajib kamu coba di Semarang, namanya Soto Bokoran 1949. Berbeda dengan kuah soto ayam pada umumnya berwarna bening, kuah soto di sini cenderung berwarna kecokelatan. Selain semangkuk soto yang hangat, kamu juga bisa menikmati beragam topping, seperti tempe goreng, aneka sate, hingga perkedel kentang. 

Lokasi: Jalan Plampitan Nomor 55, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Nah itulah empat kuliner khas Semarang. Kamu suka yang mana? Jangan lupa cicipin kalau bertandang ke Kota Atlas ini ya.

Related Topics

Related Articles