NEWS

Ini Definisi Koefisien Gini dalam Ekonomi

Koefisien gini tunjukan ketimpangan ekonomi.

Ini Definisi Koefisien Gini dalam EkonomiSejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (28/11/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

by Suheriadi

03 February 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Koefisien Gini adalah suatu metode penghitungan terkait distribusi pendapatan atau kekayaan seluruh populasi sebuah negara. Koefisien gini biasanya juga digunakan untuk mengukur ketidakmerataan perekonomian negara.

Metode ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pakar ilmu statistik asal Italia Corrado Gini, pada tahun 1912. Koefisien Gini digunakan sebagai tolok ukur ketimpangan. 

Koefisien Gini bernilai 0 (nol) menunjukkan kesetaraan sempurna yang berarti seluruh penduduk memiliki pengeluaran per kapita yang sama. Sedangkan koefisien gini bernilai 1 (satu) menunjukkan ketimpangan sempurna. Artinya, hanya satu penduduk saja yang memiliki pengeluaran per kapita dan yang lainnya tidak sama sekali. 

Koefisien gini tunjukan ketimpangan ekonomi

Ilustrasi ketimpangan. Shutterstock/StunningArtIlustrasi ketimpangan. Shutterstock/StunningArt

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi Koefisien Gini, semakin tinggi tingkat ketimpangan ekonomi suatu daerah. Sedangkan, di atas nilai satu secara teoretis mewakili penghasilan atau kekayaan yang negatif. 

Semakin tinggi indeks gini, semakin besar pula ketimpangan yang ditunjukkan. Ini artinya, penduduk dengan income tinggi akan menerima angka persentase yang jauh lebih tinggi pula dari total income seluruh penduduk. 

Indeks Gini juga sering kali direpresentasikan dengan kurva Lorenz. Berdasarkan kurva Lorenz tersebut, hasil koefisien gini dapat dihitung dengan cara membagi area A dengan luas area berbentuk segitiga, yakni A+B pada kurva. Oleh karena itu, rumus Koefisien Gini adalah GINI = A/(A+B).

Koefisien Gini Denmark termasuk rendah

negara Denmarkilustrasi negara Denmark (pexels.com/Maria Orlova)

Related Topics