NEWS

Nasabah Kebobolan Dana Rp68,5 Juta, Begini Tanggapan BCA

BCA mulai investigasi kasus raibnya dana nasabah.

Nasabah Kebobolan Dana Rp68,5 Juta, Begini Tanggapan BCAIlustrasi BCA. Shutterstock/Sulastri
16 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta,FORTUNE – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) buka suara terkait kasus nasabah asal Salatiga, Jawa Tengah bernama Evita yang mengaku kehilangan dana Rp68,5 juta di rekeningnya.

Cerita tersebut diungkapkan dalam akun Youtube Mr Bert yang dikutip di Jakarta (16/11).Dalam pengakuannya, Evita tak sadar bahwa ada transaksi yang mencurigakan menggunakan QRIS secara berkali-kali dalam periode 23 hingga 26 September 2023.

Padahal, pada periode tersebut ponsel yang digunakan Evita selalu dibawa olehnya, bahkan ketika dalam perjalanan ke Gunung Ungaran, yang notabene tidak akan ada sinyal dan sulit melakukan transaksi perbankan.

Apalagi,perangkat yang digunakan Evita khusus untuk transaksi perbankan dan tidak diinstal aplikasi lainnya. “Ini m-banking baru bikin. Ini baru saya install (m-BCA) di HP yang khusus transaksi itu dan mulai transaksi (pertama) di tanggal 21 Agustus 2023,” kata Evita.

Ia juga sempat mendatangi kantor cabang BCA terdekat untuk mengadukan permasalahannya tersebut, namun pihak BCA meminta Evita untuk memberikan bukti bahwa HP-nya tersebut berada di genggamannya dan tidak digunakan oleh pihak lain untuk transaksi melalui rekaman salah satu-nya melalui CCTV.

“BCA juga meminta rekaman CCTV di mana HP selalu aku pegang terus. CCTV Pembuktian bahwa HP ini ada di saya terus. Misal saya di kamar harus ada rekaman CCTV ini HP ada di kamar,” jelas Evita.

BCA sedang selidiki kasus raibnya dana nasabah

Gedung Wisma BCA Foresta/Dok BCA

Menanggapi hal tersebut, pihak BCA mengaku sedang menyelidiki kasus yang dialami nasabah tersebut. EVP Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn juga mengimbau kepada nasabah agar selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi.

“Sehubungan dengan kejadian yang menimpa salah satu nasabah di Salatiga, dapat kami sampaikan bahwa saat ini kami masih melakukan investigasi lebih lanjut,” kata Hera kepada Fortune Indonesia (15/11).

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, BCA juga mengimbau nasabah untuk menjaga berbagai kerahasiaan data seperti Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP), password, response KeyBCA, kode akses hingga nomor Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV).

Related Topics