NEWS

Seminggu Jelang Lebaran, 370 ribu Pemudik Lewati Pelabuhan Pelindo

Ini lima terminal penumpang terbanyak yang dilalui pemudik.

Seminggu Jelang Lebaran, 370 ribu Pemudik Lewati Pelabuhan PelindoCalon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4). (ANTARAFOTO/Candra Setya)
17 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sebanyak 370.249 pemudik telah melewati 63 Terminal Penumpang yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) pada periode 7 – 14 April 2023 atau H-8 Lebaran. 

Group Head Sekretariat Perusahaan Ali Mulyono menjelaskan, angka ini naik sebesar 24.5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu sebanyak 297.207 pemudik. 

“Untuk mendukung kelancaran arus mudik, kami menyiapkan fasilitas tambahan untuk melengkapi fasilitas dasar yang tersedia selama periode mudik lebaran 2023. Antara lain, tenda dan kursi untuk ruang tunggu penumpang tambahan, ruang pelayanan kesehatan, toilet portable, serta tambahan tenaga pengamanan BKO,” ujar Ali melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (17/4). 

Ini lima terminal penumpang terbanyak yang dilalui pemudik

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa..

Tercatat, ada lima Terminal Penumpang dengan arus terbanyak yaitu Terminal Penumpang Tanjung Pinang dengan 40.958 penumpang, Tanjung Perak 35.951 penumpang, Makassar 20.495 penumpang, Balikpapan 17.980 penumpang dan Tanjung Balai Karimun 17.319 penumpang.  

Dalam mengantisipasi prediksi meningkatnya jumlah penumpang, Pelindo melakukan peningkatan koordinasi dengan instansi kepelabuhanan terkait pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang, peningkatan informasi terkait jadwal kapal pada calon penumpang, dan juga didukung dengan Posko Bersama tahun 2023. 

Pelindo juga memastikan bahwa protokol kesehatan yang diterapkan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah, seperti pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan fasilitas cuci tangan, dan penggunaan masker wajib bagi seluruh penumpang dan petugas terminal. 

Pelindo berikan diskon penumpukan peti kemas sebesar 50%

Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Makassar yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021).
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/rwa.

Related Topics