NEWS

Utang Luar Negeri RI Naik Tipis jadi Rp6.068 Triliun, Ini Pemicunya

Ini fokus penggunaan utang pemerintah.

Utang Luar Negeri RI Naik Tipis jadi Rp6.068 Triliun, Ini Pemicunyailustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
15 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bank Indonesia (BI) mencatat posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Oktober 2023 sebesar US$392,2 miliar atau sekitar Rp6.068 triliun atau naik tipis 0,6 persen secara year on year (yoy). Kenaikan tersebut utamanya dipicu oleh utang sektor Pemerintah yang masih naik secara tahunan.

“Secara tahunan, ULN pemerintah tumbuh sebesar 3,0 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan bulan lalu sebesar 3,3 persen (yoy),” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (15/12).

Tercatat, posisi ULN pemerintah pada Oktober 2023 sebesar US$185,1 miliar. Posisi ULN pemerintah terutama dipengaruhi oleh perpindahan penempatan dana investor nonresiden pada pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik ke instrumen lain seiring dengan volatilitas di pasar keuangan global yang meningkat.

Ini fokus penggunaan utang pemerintah

Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan pada para kepala daerah, di Istana Negara.
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan pada para kepala daerah, di Istana Negara. (dok. Setkab)

Erwin menjelaskan, pemanfaatan ULN pada Oktober 2023 masih diutamakan untuk mendukung belanja prioritas Pemerintah dan perlindungan masyarakat, sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid di tengah meningkatnya ketidakpastian perekonomian global.

Dukungan tersebut mencakup antara lain sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 23,8 persen dari total ULN pemerintah, administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib sebesar 18,4 persen, jasa pendidikan 16,7 persen, konstruksi 14,2 persen, serta jasa keuangan dan asuransi sebesar 10 persen.

“Posisi ULN pemerintah relatif aman dan terkendali mengingat hampir seluruh ULN memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,9 persen dari total ULN pemerintah,” jelas Erwin.

Utang swasta turun 2,5%

BUMS adalah badan usaha milik swasta
ilustrasi pekerja BUMS (unsplash.com/Mimi Thian)

Related Topics