NEWS

Utang Luar Negeri RI Turun jadi Rp6.078 Triliun, Ini Penggunaannya

Utang swasta turun 5,6%, utang Pemerintah masih naik 2,8%.

Utang Luar Negeri RI Turun jadi Rp6.078 Triliun, Ini PenggunaannyaIlustrasi Utang/William Poter
15 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir triwulan II-2023 tercatat sebesar US$396,3 miliar atau sekitar Rp6.078 triliun, nilai tersebut turun bila dibandingkan dengan posisi ULN akhir triwulan I-2023 sebesar US$403,2 miliar atau sekitar Rp6.184 triliun.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, ULN Indonesia secara tahunan mengalami kontraksi 1,4 persen (yoy), melanjutkan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 1,9 persen (yoy).

“Kontraksi pertumbuhan ULN ini terutama bersumber dari penurunan ULN sektor swasta,” kata Erwin melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (15/8).

Utang swasta turun 5,6% secara tahunan

Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.
Suasana deretan gedung bertingkat dan rumah permukiman warga di kawasan Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp.

Lebih rinci lagi, ULN swasta pada akhir triwulan II-2023 tercatat sebesar US$194,4 miliar, turun dibandingkan dengan posisi pada triwulan sebelumnya sebesar US$199,7 miliar dolar AS. Secara tahunan, ULN swasta juga mengalami kontraksi 5,6 persen (yoy), lebih dalam dibandingkan kontraksi pada triwulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar 3,0 persen (yoy).

Erwin menjelaskan, perkembangan tersebut dikontribusikan oleh makin dalamnya kontraksi ULN lembaga keuangan dan perusahaan bukan lembaga keuangan masing-masing sebesar 7,4 persen (yoy) dan 5,1 persen (yoy).

Berdasarkan sektor ekonomi, ULN swasta terbesar bersumber dari sektor industri pengolahan; jasa keuangan dan asuransi; pengadaan listrik, gas, uap/air panas, dan udara dingin; serta pertambangan dan penggalian, dengan pangsa mencapai 78,2 persen dari total ULN swasta. Di sisi lain, ULN swasta juga tetap didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 75,4 persen terhadap total ULN swasta.

Utang pemerintah naik 2,8% secara tahunan

Presiden Jokowi pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 Beserta Nota Keuangannya.
Presiden Jokowi pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 Beserta Nota Keuangannya. (dok. Setkab)

Related Topics