NEWS

Volume Pengajuan Visa dari Indonesia ke LN Meningkat 137% di 2023

Jepang hingga UEA jadi negara yang sering dikunjungi.

Volume Pengajuan Visa dari Indonesia ke LN Meningkat 137% di 2023ilustrasi visa (unsplash.com/CardMapr.nl)
08 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Volume permohonan Visa dari Indonesia ke luar negeru (LN) telah melampaui level sebelum pandemi seiring dengan pulihnya kepercayaan masyarakat dan adanya  pelonggaran pembatasan perjalanan. 

Menurut VFS Global, volume permohonan visa di semua kategori dari Indonesia pada 2023 naik 137 persen dibandingkan dengan pengajuan di tahun 2022. Sementara itu, bila dibandingkan dengan posisi sebelum pandemi, pengajuan visa naik 9 persen. 

"Kami yakin, momentum positif perjalanan ini akan terus berlanjut di tahun 2024. Kami ingin menganjurkan bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan ke Luar Negeri agar mengajukan  permohonan visa  dari jauh hari untuk menghindari jadwal temu yang padat," kata Head - Australasia, VFS Global, Kaushik Ghosh melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Jumat (8/3).

Jepang hingga UEA jadi negara yang sering dikunjungi

Persimpangan Shibuya (Unsplash/@daryan)

Destinasi yang menjadi pilihan wisatawan Indonesia pada 2023 termasuk di antaranya adalah Jepang, Jerman, Arab Saudi, Belanda, Inggris, Kanada,  Swiss, hingga UEA. 

Angka pelayanan visa khusus personalisasi juga terus meningkat, sehingga menjadi tren baru di dalam permohonan visa di tahun 2023 lalu. VFS Global mencatat peningkatan yang signifikan pada pelayanan personalisasi, seperti pelayanan Visa At Your Doorstep (VAYD). Pelayanan ini adalah pengajuan visa yang dapat dilakukan dari rumah atau lokasi pilihan lain bagi pemohon. Melalui pelayanan premium ini, pemohon dapat mengajukan permohonan visa, melakukan proses pengambilan biometrik, dan sekaligus menerima kembali paspor mereka melalui jasa kurir di tempat pilihan pemohon. 

Saat ini, VFS Global di Indonesia menawarkan pelayanan VAYD untuk 8 negara – Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris. VFS Global juga menawarkan fasilitas Mobile Visa Application Center (MVAC) di Indonesia yang bersifat fleksibel bagi pemohon visa untuk 7 negara – Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris. Kehadiran fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih bagi pelanggan termasuk perluasan jangkauan jaringan.

Related Topics