NEWS

Femisida: Pembunuhan Perempuan dengan Sengaja

Banyak terjadi di negara Asia.

Femisida: Pembunuhan Perempuan dengan Sengajailustrasi femisida (pexels.com/Mart Production)
28 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Femisida atau femicide adalah bentuk paling ekstrim dari kekerasan berbasis gender (Gender Based Violence).

Berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini telah terjadi pembunuhan pada seorang guru muslimah di Inggris bernama Sabina Nessa. Jasad perempuan berusia 28 tahun itu ditemukan pada 17 September 2021 di bawah tumpukkan daun di sebuah taman.

Kasus ini kemudian menjadi sorotan karena Nessa dibunuh dengan begitu sadis di tempat umum. 

Selain itu, pada Bulan Maret seorang perempuan bernama Sara Everard juga mengalami kasus serupa dimana ia diculik, mendapat kekerasan seksual, dan akhirnya dibunuh. Begitupun terjadi di Iran pada pertengahan September ini, seorang gadis bernama Mahasa Amini mengalami kekerasan hingga meninggal dunia.

Melihat hal ini, masyarakat menjadi khawatir dengan keselamatan perempuan. Beberapa orang banyak menyebutkan hal ini merupakan bentuk femisida. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu femisida?

kekerasan terhadap perempuan
ilustrasi kekerasan terhadap perempuan (pexels.com/Mart Production)

Femisida atau lebih dikenal juga dengan sebutan feminisida merupakan bentuk kekerasan berbasis gender. Hal ini berupa pembunuhan yang disengaja terhadap perempuan karena mereka adalah perempuan.

Menurut World Health Organization (WHO), adapun sebagian besar kasus pembunuhan terhadap perempuan dilakukan oleh pasangan atau mantan pacar. 

Bentuk kekerasan yang diterima oleh perempuan adalah berupa pelecehan secara terus menerus di rumah, adanya intimidasi atau ancaman, hingga kekerasan seksual. Situasi ini terjadi karena pelaku yakin bahwa perempuan memiliki kekuatan yang lebih kecil dibanding lawannya.

Jenis femisida

ilustrasi femisida
ilustrasi femisida (unsplash.com/Kat J)

Related Topics