Comscore Tracker
NEWS

Catat! Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 dengan Mudah

Ketahui syarat Kartu Prakerja Gelombang 46!

Catat! Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 dengan Mudahilustrasi Kartu Prakerja Gelombang 46 (instagram.com/prakerja.go.id

by Surti Risanti

Kabar gembira bagi Anda, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 resmi dibuka pada Selasa, 04 September 2022. Pernyataan resmi diumumkan langsung melalui akun Instagram @prakerja.go.id, yang merupakan akun resmi Kartu Prakerja.

Apabila ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 46, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda bisa mendaftar melalui situs resminya, yakni www.prakerja.go.id.

Bagi Anda yang sebelumnya belum mendapat kesempatan atau tidak lolos verifikasi, Anda bisa mengikuti gelombang ke-46 ini. Jika Anda sebelumnya telah memiliki akun, Anda langsung bisa langsung berpartisipasi dengan cara mengklik Gabung Gelombang.

“Langsung klik Gabung Gelombang yuk Sob! Yes, gelombang Kartu Prakerja masih ada nih. Buat Anda yang belum daftar, seera daftar di www.prakerja.go.id agar bisa gabung gelombang”, tulis akun @prakerja.go.id, dilansir Rabu (5/10/2022).

Bagi yang telah dinyatakan lolos verifikasi, Anda dapat membeli beberapa pelatihan sebelum masa waktu berakhir.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 dengang mudah.

Syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

daftar Kartu Prakerja

Melansir prakerja.go.id (5/10/2022). Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, pekerja yang di PHK, atau pekerja yang saat ini sedang membutuhkan peningkatan skill (usaha mikro dan kecil).

Sebelum Anda mulai membuat akun, berikut ini beberapa syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 46, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun
  2. Telah lulus atau tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Saat ini sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi (pelaku usaha mikro dan kecil)
  4. Bukan termasuk penerima bantuan sosial lainnya
  5. Tidak berasal dari ASN, pejabat negara, anggota DPRD, TNI, Polri, kepala desa, direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD
  6. Maksimal penerima Karu Prakerja dalam 1 Kartu Keluarga adalah 2 NIK.

Cara membuat akun Kartu Prakerja Gelombang 46

kartu prakerja

Sebelum Anda mulai mendaftar, terlebih dahulu Anda harus membuat akun di laman resmi Kartu Prakerja. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Kunjungi situs resmi prakerja.go.id dan klik menu Daftar Sekarang di pojok atas, Anda juga bisa mengakses melalui link dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  2. Masukkan alamat email yang sering Anda gunakan, buat password yang terdiri dari 6 karakter. Kemudian, konfirmasi password tersebut.
  3. Klik Daftar.
  4. Anda akan mendapatkan notifikasi di email Anda bahwa akun telah didaftarkan di Situs Prakerja.
  5. Lakukan verifikasi, maka pendaftaran telah selesai.  

Cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 46

Mengetik di handphone

Berikut ini adalah cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 dengan mudah, antara lain:

1. Pendaftaran

Masuk ke situs prakerja.go.id dan login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.

Pada tahapan ini, Anda akan diminta memasukkan data diri Anda seperti NIK, nomor KK, tanggal lahir, dan nomor HP. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai.

2. Seleksi

Cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 selanjutnya adalah Anda akan diminta untuk ikut tes motivasi dan kemampuan dasar. 

3. Pelatihan

Apabila hasil seleksi dinyatakan lolos, Anda bisa memilih pelatihan yang diminati di Mitra Platform Digital dengan saldo yang ada di Kartu Prakerja.

4. Beri rating dan ulasan

Setelah mengikuti pelatihan, Anda akan mendapatkan sertifikat. Kemudian, beri rating dan ulasan mengenai pelatihan yang diikuti.

5. Insentif

Setelahnya, Anda akan mendapatkan uang insentif Kartu Prakerja Gelombang 46 sebesar Rp600 ribu per bulan yang akan dibayar selama 4 bulan. Uang ini akan dikirim ke rekening atau akun e-wallet Anda.

Itu tadi cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 46 beserta syarat dan pembuatan akunnya. Selamat mencoba.

Related Articles