NEWS

Apa Saja Keuntungan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022?

Selain negara, ada pihak lain yang lebih diuntungkan.

Apa Saja Keuntungan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022?ilustrasi Piala Dunia Qatar 2022 (dok.fifa)
25 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Keuntungan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi topik yang selalu diperbincangkan. Pertandingan ini menjadi ajang yang sangat ditunggu-tunggu bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Seluruh penonton dari berbagai negara datang untuk menyaksikan laga ini berlangsung. Hal ini tentu saja mendatangkan keuntungan dan memberikan pengaruh yang besar terhadap perekonomian negara. 

Namun, pertandingan sepak bola internasional yang berlangsung di Timur Tengah tersebut dikatan menjadi piala dunia termahal sepanjang masa.

Lantas, apakah negara Qatar mendapatkan keuntungan atau kerugian dari Piala Dunia 2022? Simak selengkapnya di bawah ini!

Qatar menjadi Piala Dunia termahal

stadiun qatar
ilustrasi stadiun qatar (dok.forbes)

Diketahui Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi perhelatan termahal di sepanjang sejarah pertandingan sepak bola akbar ini. Pihak tuan rumah telah menggelontorkan dana sebesar US$220 miliar atau sama dengan Rp3.334 triliun.

Tentu dana yang dikeluarkan ini sangat fantastis dan hampir 20 kali lipat lebih banyak dibanding pertandingan sebelumnya. 

Turnamen yang diadakan empat tahun sekali ini mengalahkan Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia yang mengeluarkan dana sebesar US$11,6 miliar dan tahun 2014 di Brazil sebesar US$15 miliar.

Rincian pengeluaran Qatar

Qatar
ilustrasi qatar (unsplash.com/Lucca Belliboni)

Related Topics