NEWS

Visa Digital Nomad: Pengertian, Keuntungan, dan Syaratnya

Rasakan pengalaman bekerja sekaligus berlibur!

Visa Digital Nomad: Pengertian, Keuntungan, dan Syaratnyailustrasi visa (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)
30 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Visa digital nomad adalah kombinasi dari visa liburan dan visa kerja. Jenis visa ini dibuat khusus bagi Anda yang ingin bekerja sekaligus berlibur, bahkan di luar negeri sekalipun.

Saat ini, ada berbagai sistem kerja yang diberlakukan, mulai dari sistem remote (kerja dari jarak jauh), kerja dari mana saja (Work From Anywhere), hingga kerja dari rumah (Work From Home)

Melalui visa digital nomad, Anda bisa bekerja secara remote sambil berlibur. Jenis visa ini sangat cocok bagi Anda yang bekerja secara remote atau freelance. Sudah banyak negara yang turut mengeluarkan visa jenis ini.

Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut artikel mengenai visa digital nomad secara lengkap.

Apa itu visa digital nomad?

visa digital nomad
ilustrasi visa digital nomad (unsplash.com/GeoJango Maps)

Visa digital nomad adalah visa khusus bagi Anda yang menjalani profesi freelancer atau pekerja remote yang tidak menetap atau bersifat nomaden. Jenis visa ini sangat cocok bagi Anda yang menjalani pekerjaan berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain.

Jenis visa ini memiliki perbedaan dari dari visa biasanya, dimana masa berlakunya sedikit lebih panjang. Visa biasa hanya memiliki masa berlaku 30–180 hari saja. Sedangkan, visa digital nomad berlaku 1–2 tahun.

Apabila Anda ingin menetap di luar negeri lebih lama, Anda tidak perlu melakukan perpanjangan visa. Berbeda dengan visa biasa dimana Anda harus memperbaikinya bila ingin tinggal lebih lama.

Keuntungan visa digital nomad

visa
ilustrasi visa (unsplash.com/CardMapr.nl)

Related Topics