NEWS

Daftar Rest Area Tol Cipali, Penting Bagi Pemudik!

Di mana saja rest area tol Cipali? Cek di sini.

Daftar Rest Area Tol Cipali, Penting Bagi Pemudik!Sejumlah kendaraan keluar pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
02 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Para pemudik, sudah tahu lokasi Rest Area Tol Cipali? Jika belum, mari simak ulasan singkat berikut ini.

Selama momen pulang kampung, tol Cipali yang menghubungkan daerah Cikopo hingga Palimanan, akan dilalui oleh para pemudik jalur darat. Di jalan tol sepanjang 116 kilometer itu, berbagai titik istirahat sudah tersedia untuk para pemudik yang butuh istirahat sejenak.

Di setiap lokasi istirahat tersebut, ada berbagai macam fasilitas yang tersedia, meliputi: restoran, bengkel, toilet, bilik tidur, pom bensin, hingga tempat ibadah. Area istirahat tersebut terbagi menjadi beberapa tipe, yakni tipe A, B, dan parking bay.

Secara terperinci, berikut ini sebaran dari daftar rest area tol Cipali berdasarkan tipenya.

Daftar rest area tol Cipali sesuai tipe

mudik
ilustrasi mudik (unsplash.com/Ethan Hooson)

Mengutip situs web Auto2000, ini daftar rest area tol Cipali sesuai tipe:

  • Tipe A

Area istirahat tipe A mempunyai fasilitas umum secara lengkap, yang terdiri dari: ATM, toilet, restoran atau pujasera, tempat ibadah, lokasi parkir, mini market atau toserba, pos medis, serta bengkel siaga.

Beberapa titik rest area tol Cipali tipe A, yakni: KM 101, KM 102 untuk arah Jakarta, serta  KM 164 dan KM 166 untuk jalur menuju Palimanan.

  • Tipe B

Pusat pemberhentian tipe B berukuran lebih kecil daripada tipe A. Di dalamnya tidak ada pom bensin atau SPBU. Akan tetapi, fasilitas lain seperti tempat ibadah, toserba, toilet, dan restoran tetap tersedia.

Setidaknya ada empat titik yang menyediakan area istirahat tipe B di sepanjang tol Cipali, yakni: KM 86 A dan KM 130 A untuk jalur ke arah Cirebon, sedangkan KM 86 B dan KM 130 B hadir di jalur menuju Jakarta.

  • Parking Bay

Terakhir, ada area istirahat bertipe parking bay, yang lokasinya lebih luas daripada dua tipe sebelumnya. Lokasi istirahat ini termasuk tipe unggulan. Fasilitasnya terdiri dari area parkir luas, masjid, ruang menyusui atau laktasi, tempat bermain anak-anak, serta pusat kuliner khusus seperti The Plaza. Contohnya, antara lain: KM 153+400 A di jalur menuju Cirebon dan KM 155+200 B menuju Jakarta.

Tips melakukan perjalanan mudik lewat jalan tol

Ilustrasi gerbang tol. (Doc: Kementerian Perhubungan)

Related Topics