Comscore Tracker
NEWS

Deretan Bisnis Atlet Badminton Juara Thomas Cup 2020

Dari bisnis kuliner hingga penginapan.

Deretan Bisnis Atlet Badminton Juara Thomas Cup 2020Ilustrasi bisnis atlet badminton. (Pixabay/Salman Hossain Saif)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Setelah puasa gelar selama 19 tahun, akhirnya regu putra badminton Indonesia berhasil mengembalikan Piala Thomas ke Tanah Air. Membuat nama mereka dielu-elukan di jagat maya.

Tim badminton putra dalam Piala Thomas 2020 sukses membuat Tiongkok bertekuk lutut dengan skor akumulatif 3-0 (INA vs CHN), berkat performa dari Anthony Sinisuka Ginting di partai tunggal putra 1; Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di partai ganda putra 1; dan Jonatan Christie di partai tunggal putra 2.

Sebelum mencapai pertandingan final, regu Thomas Indonesia pun harus melewati jalan yang terjal. Di tahap penyisihan grup, regu Thomas Indonesia terjerat di grup neraka (grup A) dengan Aljazair, Taiwan, dan Thailand.

Sukses mengalahkan Aljazair dengan skor 5-0, Indonesia harus berhadapan dengan Thailand. Kemenangan Indonesia tergolong dramatis, sebab itu ditentukan oleh partai akhir—tunggal putra 3 yang diamanahkan kepada Shesar Hiren Rhustavito. Meski menanggung beban berat di pundak, Vito berhasil menumbangkan Thailand. Pria kelahiran 1994 itu juga menjadi kunci kemenangan Merah Putih ketika berhadapan dengan Taiwan.

Kemenangan hattrick itu berlanjut di babak perempat final, ketika Indonesia bertemu saudara serumpun, Malaysia. Sementara di babak semifinal, skuad Merah Putih harus berjuang menumbangkan tuan rumah, Denmark.

Performa mereka di kejuaraan bergengsi itu menunjukkan betapa gesitnya mereka di lapangan. Namun ternyata,  para atlet ternama itu tak hanya cekatan ketika memegang raket, tetapi juga giat saat menekuni bisnis masing-masing. Ya, benar, beberapa anggota dari skuad Merah Putih di Thomas Cup 2020 memang menggeluti dunia bisnis.

Dalam video di saluran PB Djarum, dikutip Senin (18/10), Ahsan mengatakan, “membangun bisnis itu begitu penting bagi seorang atlet. Karena itu (profesi atlet) kan ada batasannya.”

Nah, Fortune Indonesia telah merangkum beberapa bisnis milik para atlet yang berhasil memenangkan Thomas Cup 2020. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Hendra Setiawan /Mohammad Ahsan (The Daddies)

Mohammad Ahsan mengelola bisnis penginapan berupa vila yang berlokasi di area Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. King Villa terhampar di atas tanah 4.500 meter persegi dan berdiri sejak 2017. Manajemen bisnis vila tersebut diketahui berada di tangan istri Ahsan—yang juga memiliki usaha di bidang kuliner.

Sementara, untuk saat ini, Hendra Setiawan masih berfokus pada investasi dan membuat konten digital di saluran Youtube—bersama keluarganya. “Kalau dari saya memang awalnya ya menabung dahulu sambil mencari bisnis yang cocok,” katanya dalam video Youtube PB Djarum.

2. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Minions)

Marcus Fernaldi menggeluti dua bisnis, yakni Gideon Badminton Academy dan MFG Coffee and Doughnuts. Yang pertama bergerak di bidang jasa pelatihan badminton sekaligus penyewaan lapangan. Sementara yang kedua termasuk bisnis bidang kuliner, dengan menu utama kopi dan donat. Nah, keduanya sama-sama berada di Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Di sisi lain, Kevin Sanjata—partner duet Marcus—memilih usaha minuman berbahan dasar susu yang meluncur pada November 2019. Namanya Vinion Milk Co. Berdasar laman Instagram resmi Vinion, outlet mereka sudah tersebar di Tangerang; Jakarta Pusat; Medan; Bali; Malang; Jakarta Timur; dan akan segera buka di Semarang.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Fajri)

Fajar dan Rian berkolaborasi menekuni bisnis di bidang kuliner—tepatnya kafe bernama Fajri Coffee yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Keduanya meresmikan kedai kopi itu pada Maret 2019. Meski begitu, bukan mereka yang langsung mengelola kafe itu, melainkan saudara dari Fajar.

Selain berbisnis dengan Fajar, Rian juga memiliki jenama fesyen yang erat dengan keberlanjutan lingkungan. Nama label fesyennya, Krall. Pria kelahiran 13 Februari 1996 itu kerap kali menjadi model untuk Krall.

4. Jonatan Christie

Sama seperti Rian, Jonatan atau Jojo juga terlibat dalam bisnis fesyen bernama Satoe Noesa sejak 2019. Jojo dikabarkan menyuntikkan modal untuk bisnis tersebut. Tak hanya itu, dia juga berperan sebagai duta merek fesyen lokal tersebut. Tak ayal, gambar di mana dia memakai baju dari Satoe Noesa kerap muncul di beranda Instagramnya.

Related Articles

‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌
‌