NEWS

Ini 7 Pemain Termahal di Piala AFF 2022, Ada dari Indonesia?

Siapa saja pemain termahal di Piala AFF 2022?

Ini 7 Pemain Termahal di Piala AFF 2022, Ada dari Indonesia?Ilustrasi Sejumlah Pemain Piala Dunia 2022/Fifa.com

by Tanayastri Dini Isna KH

27 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Siapa saja atlet yang termasuk pemain termahal di Piala AFF 2022? Apa ada pesepak bola yang berasal dari Indonesia?

Di dunia sepak bola, ada pasar transfer. Istilah itu merujuk pada kondisi saat atlet bersedia ditransfer dari satu klub ke klub lain. Di dalamnya, klub memperebutkan sejumlah nama prominen yang tersedia untuk proses transfer. Para klub itu juga telah menyediakan uang khusus untuk bersaing dalam pembelian pemain di bursa transfer itu.

Melansir Colossus Bets, nilai pasar pemain sepak bola adalah perkiraan jumlah kontrak pemain yang dapat dijual oleh klub ke klub lain. Semakin lama kontrak, maka semakin tinggi nilai transfernya.

Ini juga berlaku di antara para atlet yang berlaga di Piala AFF 2022. Lantas, siapa saja pemain termahal di Piala AFF 2022? Mari simak ulasan berikut.

Daftar pemain termahal di Piala AFF 2022

Daftar ini berisi 7 besar pemain termahal di Piala AFF 2022, yang urutannya ditulis dari nomor delapan ke nomor satu. Siapa saja mereka?

  • Thitiphan Puangchan (Thailand) – US$630.000

Gelandang ini memiliki pengalaman yang membuat namanya diperhitungkan. Baik di tingkat nasional maupun internasional. Sebab, ia juga pernah berlaga mewakili Jepang. Ke depan, ia berambisi mengambil langkah besar lain bila performa impresifnya masih terjaga.

  • Theerathon Bunmathan (Thailand) – US$630.000

Di posisi keenam ada Bunmathan, pemain di posisi full-back. Ia pernah memenangkan gelar J. League bersama Yokohama F., Marinos. Bahkan, karena posisinya saat itu, kini ia menyandang gelar kapten di Piala AFF 2022.

  • Dion Cools (Malaysia) – US$900.000

Kemudian ada Dion Cools dari Malaysia, yang termasuk dalam 12 pemain termahal di Asia Tenggara. Ia berpengalaman menjadi bek di sejumlah Liga Eropa terkemuka. Itu meliputi lima tahun di Belgia Blub Brugge, tempat ia menyabet dua gelar liga dan dua piala kemenangan.

  • Jordi Amat (Indonesia) – US$1.050.000

Sementara itu, di posisi keempat pemain termahal di Piala AFF 2022 ada Jordi Amat. Bek tengah ini menghabiskan enam musim di Liga Premier Inggris dan tiga musim di La Liga Spanyol. Pengalamannya tak main-main, kan?

  • Chanathip Songkrasin (Thailand) – US$1.475.000

Selanjutnya ada bintang besar asal Thailand, yang bergabung pula dengan pemain Kawasaki Frontale, raksasa J.League, pada 2022. Sebelum ini, ia juga sukses bersama klub Consadole Sapporo setelah mengalami cedera.

  • Sandy Wals (Indonesia) – US$2.100.000

Bek kanan yang masih berusia 27 ini termasuk salah satu pemain kunci bagi Indonesia dalam upaya meraih gelar pertama di AFF. Ia mengantongi pengalaman bertahun-tahun di liga papan atas Belgia, bahkan pernah bergabung bersama timnas muda Belanda.

  • Gerrit Holtmann (Filipina) – US$4.750.000

Terakhir, pemain termahal di Piala AFF 2022 nomor satu adalah Gerrit Holtmann. Nilai transfernya lebih dari dua kali lipat pesaing terdekatnya, Sandy Wals. Tak heran, sebab ia merupakan pemain reguler di Bundesliga Jerman untuk klub VfL Bochum. Ia juga memenangkan penghargaan goal paling bergengsi pada 2021 lalu di Jerman.

Related Topics