NEWS

Putusan Kemendikbud-BKN, Pengumuman PPPK Guru 2023 Ditunda!

Kemendikbudristek dan BKN memutuskan menunda pengumuman.

Putusan Kemendikbud-BKN, Pengumuman PPPK Guru 2023 Ditunda!Ilustrasi ASN. (dok. Diskominfo lampung)

by Tanayastri Dini Isna KH

03 February 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kapan pengumuman PPPK guru 2023, dari proses seleksi 2022? Awalnya, 2-3 Februari 2023. Namun, pengumumannya akhirnya ditunda.

Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani mengonfirmasi penundaan hasil seleksi melalui akun Instagram, yakni @nunuksuryani.

Dalam gambar yang ia unggah, tampak teks berbunyi, “Pengumuman seleksi guru ASN PPPK tahun 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.”

Melalui akun Twitter, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga mengungkapkan perihal penundaan pengumuman tersebut, setelah rapat antara Kemendikbudristek dan BKN.  Namun, kedua pihak tak menjelaskan alasannya. Juru bicara BKN mengatakan, Dirjen DTK Kemendikbudristek-lah yang berhak mengumumkan itu.

Adapun, pengumuman PPPK guru 2023 hasil seleksi 2022 bisa Anda akses melalui situs web gurupppk.kemdikbud.go.id atau sscasn.bkn.go.id. Anda hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor peserta sebagai data pelengkap.

Kategori pelamar dan jadwal pengumuman PPPK guru 2023

Pelamar pada seleksi rekrutmen guru ASN PPPK terdiri dari empat kategori, yakni: Pelamar Prioritas I (P1), Pelamar Prioritas III (P2), Pelamar Prioritas III (P3), dan Pelamar Umum. Dengan perincian sebagai berikut:

  • P1: yang memenuhi nilai ambang batas di seleksi kompetensi guru PPPK pada 2021.
  • P2: pelamar berstatus THK-II.
  • P3: pelamar guru bukan ASN di sekolah negeri yang terdaftar dalam dapodik, bermasa kerja minimal 3 tahun.
  • Pelamar umum: lulusan PPG yang terdaftar di basis data kelulusan PPG Kemendikbudristek dan pelamar yang terdata di dapodik.

Melansir Antara, awalnya pengumuman hasil seleksi untuk semua kategori akan berlangsung kemarin (2/2) dan hari ini (3/2). Lalu berlanjut ke masa sanggah pada periode 4 sampai dengan 6 Februari 2023.

Para peserta pun bisa melakukan jawab sanggah mulai 7 sampai dengan 13 Februari 2023, lalu pengumuman setelah proses sanggahan itu akan berlangsung pada 20 sampai dengan 21 Februari 2023.

Kemudian, awalnya, pelamar yang benar-benar terpilih dapat mengisi DRH NI PPPK mulai 22 Februari sampai dengan 13 Maret 2023. Kemudian berlanjut ke penetapan NI PPPK, yang direncanakan pada 7 sampai dengan 31 Maret 2023.

Sebelum proses itu semua, para pelamar sudah melalui tiga tahap tes, yakni penempatan, kesesuaian atau verifikasi, dan tes seleksi.