Comscore Tracker
SHARIA

Kembangkan Bisnis Digital, BJB Syariah Kerja Sama dengan Bizhare

Kolaborasi pemanfaatan crowdfunding untuk pembiayaan UMKM.

Kembangkan Bisnis Digital, BJB Syariah Kerja Sama dengan BizhareWisatawan sedang memilih suvenir di Pasar Klewer, Solo. (Shutterstock/Mahardhika Argha)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Platform Securities Crowdfunding (SCF) Bizhare dan Bank Jabar dan Banten Syariah (BJB Syariah) melakukan penandatanganan kerja sama pembiayaan UMKM. Direktur Utama Bank BJB Syariah, Indra Falatehan mengatakan, kolaborasi bisnis ini merupakan salah satu strategi perseroan meningkatkan ekosistem bisnis digital. 

Menurutnya, pada era digitalisasi ini, perusahaan fintech bukan merupakan kompetitor industri perbankan namun sebagai mitra strategis dalam mengurangi financial gap di Indonesia.

Fleksibilitas fintech dalam menjaring berbagai ekosistem digital, menjadi peluang di mana di dalamnya terdapat calon-calon nasabah potensial yang sebelumnya mustahil dijangkau melalui metode konvensional.

Menggabungkan platform Bizhare dengan produk-produk BJB Syariah

Indra menambahkan, Bizhare yang sebagai salah satu perusahaan fintech dalam bidang investasi bisnis UKM dengan sistem Securities Crowfunding dapat berkolaborasi menggabungkan platformnya dengan produk-produk yang ada di Bank BJB Syariah. 

Dengan penandatanganan kerja sama ini, BJB Syariah akan mendukung perkembangan bisnis UMKM di Indonesia melalui skema urun dana Bizhare sebagai investor institusional. 

"Kami sangat antusias akan kerja sama ini karena saat ini kami sedang menggalakkan pemanfaatan crowdfunding untuk pembiayaan UMKM," kata Indra dalam keterangan pers, dikutip Senin (3/1).

CEO Bizhare, Heinrich Vincent, berharap kerja sama ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mengawali 2022. Ia juga terbuka atas potensi kolaborasi dan sinergi lainnya.

“Kami sangat bangga dapat berkolaborasi bersama bank BJB Syariah untuk bisa mempercepat penyaluran pendanaan kepada UMKM dan melengkapi ekosistem yang ada," kata Heinrich.

Diharapkan dengan kemudahan berinvestasi melalui layanan oleh BJB Syariah ini, 350 UMKM syariah yang mengajukan pendanaan dapat terpenuhi kebutuhan pendanaannya di 2022.

Kerja sama metode pembayaran dan optimalisasi basis data pelanggan

Kerja sama lainnya yang akan dilakukan juga berupa metode pembayaran melalui Rekening Escrow dan Virtual Account yang akan hadir di platform Bizhare. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna rekening syariah untuk dapat berinvestasi melalui Bizhare, khususnya untuk pembelian produk Sukuk.

Potensi kolaborasi lainnya juga termasuk mengoptimalisasi customer base satu sama lain. BJB Syariah memiliki keunggulan di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Bizhare dapat mengoptimalisasi customer base tersebut sesuai dengan pengembangan yang ingin dilakukan Bizhare.

Begitu juga dengan BJB Syariah yang ingin bersinergi dengan Bizhare yang memiliki lebih dari 110 ribu customer base. BJB Syariah dapat memasarkan produk perbankan secara digital, mengawinkan produk perbankan dan fintech.

Kerja sama tersebut menjadi jendela untuk kolaborasi yang lebih besar dalam mewujudkan ekonomi bisnis syariah. Inovasi baru pun dapat diciptakan untuk melahirkan cara pemasaran yang dinamis untuk kedua belah pihak, baik secara offline maupun digital.

Related Articles