Comscore Tracker
TECH

5 Fitur Tambahan WhatsApp Web yang Berguna dan Perlu Anda Ketahui

Ini akan memudahkan pengguna dan memaksimalkan kinerja WA.

5 Fitur Tambahan WhatsApp Web yang Berguna dan Perlu Anda KetahuiIlustrasi WhatsApp. (Pixabay/Webster2703)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Whatsapp telah menjadi salah satu aplikasi percakapan populer di Indonesia. Tak sekedar untuk mengobrol, aplikasi  yang terintegrasi dengan nomor telepon selular ini pun banyak digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari termasuk urusan pekerjaan maupun bisnis. 

Tak hanya tersedia dalam platform ponsel pintar, Whatsapp pun tersedia dalam bentuk web, sehingga memungkinkan untuk menggunakannya di laptop atau komputer dengan mudah, terenkripsi dari ujung ke ujung, terintegrasi antar platform, serta dapat terhubung dengan aplikasi lain yang mendukung pekerjaan kita.

Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan untuk memaksimalkan kinerja Whatsapp Web. Anda hanya perlu mencarinya di situs pencari, mengunduhnya, dan mengaplikasikannya di Whatsapp Web. Semua fitur ini sudah kompatibel dengan Google Chrome maupun Microsoft Edge.

Mengutip Gizmodo, berikut adalah fitur tambahan Whatsapp pilihan Fortune Indonesia yang harus Anda ketahui.

1. WAToolkit

Fitur ini menawarkan dua kemudahan dalam pengunaan Whatsapp di web. Pertama, fitur ini dapat mengaktifkan notifikasi di perangkat yang kita gunakan, baik saat kita sedang membuka Whatsapp maupun tidak.

Kedua, fitur ini juga dapat memperluas balon teks di panel obrolan. Hal ini akan memudahkan pengguna saat membaca pesan-pesan yang penting dan cukup panjang.

2. WA Web Plus

Fitur tambahan ini adalah pilihan dengan kumpulan trik yang cukup lengkap. Anda dapat mengaburkan pesan dan gambar, melihat status orang lain secara diam-diam, menyembunyikan pemberitahuan saat anda mengetik (typing), menyematkan percakapan ke bagian atas daftar, dan  lainnya.

Caranya, hanya dengan membuka panel fitur tambahannya, klik simbolnya, dan buat konfigurasi sesuai keinginan Anda.

3. WhatsAdd

WhatsAdd adalah fitur yang ditambahkan ke layanan Whatsapp Web untuk membuat format auto-text, mengunduh semua file media dalam percakapan, dan mengonversi emoji yang diketik menjadi emoji sebenarnya.

Salah satu yang bermanfaat dari fitur ini adalah pengguna bisa membuat personalisasi pesan–pesan dengan kata-kata pilihan Anda sendiri.

4. WAIncognito

Pernahkah Anda ingin membuka pesan masuk dari orang lain tanpa ingin ketahuan bahwa Anda sudah melihatnya? Biasanya hal ini sulit karena notifikasi baca berbentuk centang.

Dengan fitur ini, layaknya aplikasi penyamaran, Anda dapat melihat obrolan tanpa ada yang tahu bahwa Anda telah melihatnya, bisa menandai pesan sebagai ‘sudah dibaca’ setelah beberapa detik atau tidak sama sekali, dan juga memblokir pembaruan 'last seen' WhatsApp, serta memungkinkan Anda untuk memulihkan pesan yang dihapus.

5. Web Sender

Fitur Web Sender adalah alat akan sangat berguna bila kita menggunakan Whatsapp Web untuk bisnis. Meski demikian, fitur ini juga berguna bagi pengguna reguler.

Anda dapat menyesuaikan serangkaian respon cepat dalam bentuk templat pada setiap pesan yang masuk. Selain itu, kita juga dapat menjdwalkan pesan untuk dikirim pada waktu yang kita inginkan di masa mendatang. Hal ini dapat dilakukan ke beberapa orang sekaligus.

Related Articles