Comscore Tracker
TECH

Nike Bersiap Hadir di Dunia Metaverse

Ada sneakers, apparel virtual, dan NIKELAND.

Nike Bersiap Hadir di Dunia MetaverseNIKELAND/Dok. NIKE

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Salah satu merek sepatu ternama dan terpopuler di dunia, Nike, bersiap terjun ke dunia metaverse. Raksasa sportswear tersebut dilaporkan mendaftarkan beberapa trademark barunya untuk produk sneakers dan apparel virtual.

Data dari U.S. Patent  and Trademark Office mengungkap. Nike mendaftarkan beberapa logo trademark-nya termasuk logo “Jumpman” Air Jordan, Swoosh, “Just Do It” dan logo app SNKRS-nya.

Dalam dokumen disebutkan penggunaan sebagai, “Produk virtual yang dapat diunduh, seperti program komputer yang menampilkan footwear, pakaian, headwear, kacamata, tas, tas olahraga, ransel, peralatan olahraga, karya seni, mainan, dan aksesori untuk digunakan secara online dan di dunia maya.”

Mencari desainer untuk virtual footwear dan virtual material

Walaupun Nike belum terang-terangan mempublikasikan detail soal rencana produk virtualnya, tapi kemungkinan terbesar dalam waktu dekat adalah mereka akan merilis sneakers NFT yang digunakan di metaverse.l

Tak hanya itu, Nike juga membuka lowongan kerja desainer untuk virtual footwear dan virtual material untuk menciptakan dan memvisualisasikan konsep virtual yang inovatif menggunakan 3D tools. Peran tersebut akan masuk ke dalam tim Digital Product Creation yang fokus dalam gerakan “digital and virtual revolution”.

Melansir dari CNBC pada Jumat (26/11), Nike pun masih menantikan hak patennya untuk Cryptokicks, yang nantinya akan digunakan untuk NFT.

Pengacara urusan trademark, Josh Gerben, adalah yang pertama menemukan berkas pendaftaran hak paten Nike yang disinyalir nantinya akan digunakan untuk segala urusan dalam metaverse.

Langkah selanjutnya dari Nike di metaverse

Masuk lebih jauh ke metaverse, Nike kembali menegaskan langkah mereka untuk mengembangkan brand-nya ke dalam metaverse dengan meluncurkan NIKELAND. 

NIKELAND adalah space virtual baru mereka berformat 3D yang dirilis melalui platform game online Roblox, yang memungkinkan siapapun penggunanya untuk terhubung, berkreasi, maupun bersaing secara virtual.

Space virtual yang sifatnya interaktif ini menghadirkan gedung dan arena olahraga Nike digital yang terinspirasi dari milik mereka di dunia nyata. Para penggunanya bisa ikut menguji keterampilan dalam serangkaian mini games seperti tag, the floor is lava, dan dodgeball. Bahkan, ada fasilitas bagi mereka untuk membuat mini games-nya sendiri dengan NIKELAND tool kit; berisi alat-alat olahraga yang disiapkan.

Berpadu dengan realitas di dunia nyata, pengguna bisa menggerakkan badan sebagai device untuk ngikutin games interaktif, seperti lompat jauh atau balap lari. Tentu saja avatar virtual juga di NIKELAND bisa didandani dengan produk-produk resmi Nike yang tersedia di digital showroom mereka.

Related Articles