Comscore Tracker
TECH

12 Aplikasi Video Call yang Bisa Digunakan di Android dan iOS

Video call adalah sarana komunikasi tatap muka jarak jauh.

12 Aplikasi Video Call yang Bisa Digunakan di Android dan iOSilustrasi menonton video di Youtube (unsplash.com.CardMapr.nl)

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Aplikasi video call di zaman sekarang telah menjadi fitur wajib yang harus ada pada smartphone. Selain memberikan pengalaman berkirim pesan lebih dalam, video call juga memberikan kedekatan kepada para pesertanya.

Pasalnya, video call adalah sarana komunikasi tatap muka jarak jauh. Banyak yang menggunakan aplikasi panggilan video sebagai alat berkomunikasi untuk menunjang pendidikan hingga pekerjaan.

Berikut ini adalah aplikasi video call yang bisa Anda gunakan pada smartphone Android dan iOS sebagai medium komunikasi utama.

1. Telegram

Telegram adalah aplikasi media komunikasi yang memiliki berbagai macam fitur. Selain untuk chatting, Telegram juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video. Keunggulan dari aplikasi video call di Telegram adalah banyaknya pengguna yang bisa bergabung dalam satu panggilan secara kelompok. Bahkan, Anda bisa mengajak hingga 1.000 pengguna untuk bergabung di group video call tersebut. Fitur ini cocok digunakan untuk diskusi santai pada komunitas atau keluarga besar.

2. WhatsApp

aplikasi whatsapp bisnis

Kalau ingin melakukan panggilan video yang praktis, gunakan WhatsApp video call. Dari segi kestabilan fitur video call, WhatsApp bisa menjadi andalan. Selain ringan dan cepat, aplikasi ini mudah digunakan dan tentunya dimiliki oleh hampir semua orang.

Meski awalnya panggilan video hanya dapat dilakukan dengan seorang pengguna, kini WhatsApp juga menyediakan opsi untuk melakukan grup video call. Anda bisa melakukan video call hingga kapasitas 50 orang.

3. Skype

Skype menjadi salah satu aplikasi video call terbaik yang telah ada sejak 2003. Tidak hanya bisa digunakan untuk layanan panggilan video bersama sahabat atau rekan kerja, Skype juga tersedia untuk kepentingan bisnis.

Berbeda dari Zoom yang terbatas untuk 40 menit panggilan saja, Skype bisa Anda gunakan lebih dari 24 jam. Selain itu, Skype juga memiliki fitur lain seperti merekam panggilan, whiteboard, dan berbagai file saat panggilan berlangsung.

4. Facetime

Facetime adalah salah satu aplikasi panggilan video terbaik yang bisa Anda coba. Meski awalnya Facetime hanya bisa digunakan pengguna perangkat iOS, kini pengguna Android atau Windows juga bisa bergabung dalam panggilan. Mereka dapat bergabung melalui browser web atau dari perangkat apa pun.

Facetime juga sudah dilengkapi dengan keamanan terenkripsi, jadi Anda tidak perlu khawatir akan masalah keamanannya. Keunggulannya lagi, Facetime memberikan tampilan kisi-kisi agar semua pengguna dapat terlihat baik di layar.

5. Google Meet

Layanan Google (Google One, Gmail, Chrome, Duo, Meet, Duo, Ads) ikon aplikasi di layar smartphone iPhone. Google adalah mesin pencari internet terbesar di dunia. Shutterstock/Primakov

Aplikasi video call lainnya yang dapat Anda coba adalah Google Meet. Google Meet menyediakan sarana video call terenkripsi yang diberlakukan pada tiap sesi video call. Jadi, tidak perlu khawatir lagi terhadap keamanan data-data sensitif karena terjaga dengan baik dari serangan spyware.

Aplikasi besutan Google ini tidak kalah unggul dibandingkan dengan aplikasi video call lainnya. Mengingat hampir semua orang telah memiliki akun Google, siapa pun yang ingin mengikuti webinar atau pertemuan daring tidak perlu repot membuat akun baru.

6. Signal

Signal adalah aplikasi panggilan dan pesan instan gratis dan open source. Shutterstock/DANIEL CONSTANTE

Selanjutnya ada aplikasi video call Signal yang telah diunduh lebih dari 2 juta pengguna dan mendapatkan ulasan 4,7 bintang. 

Signal memiliki fitur yang cukup lengkap untuk digunakan sebagai alat komunikasi baik bisnis maupun personal, di antaranya ada fitur chat melalui teks, audio, melakukan panggilan suara dan video, dark mode, dan salah satu fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah keamanannya.

7. Discord

Logo Discord.

Discord adalah platform obrolan yang menyediakan fitur chatting, pesan suara dan video. Discord biasanya digunakan para gamers untuk berkomunikasi dengan pemain lain saat bertanding. Aplikasi ini menawarkan serangkaian fitur, seperti menonton dan melakukan live streaming game, melakukan sesi menggambar dengan berbagi layar, dan sebagainya.

Sekarang, Discord tidak hanya dipakai oleh para gamers, tapi juga komunitas lain. Discord bisa digunakan di berbagai perangkat, baik HP ataupun PC.

8. Google Duo

Google Duo adalah salah satu aplikasi video call terbaik yang bisa Anda coba. Meski terbilang baru, aplikasi ini cukup populer. Tampilannya sederhana dan mudah digunakan. Pengguna Google Duo dapat saling terhubung lewat video call dengan 32 orang melalui berbagai perangkat.

Sejak awal, Google Duo dirancang untuk memberi pengalaman komunikasi yang cepat dan tidak merepotkan. Video call di Google Duo bisa dilakukan dengan dengan cepat meski koneksi sedang lambat. Google Duo memiliki fitur doodles, masks, dan fun effect untuk membuat pengalaman video call semakin menyenangkan.

9. Tango

Tango merupakan aplikasi live stream dan video chat yang cukup populer. Aplikasi ini memiliki banyak fitur komunikasi. Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru di sekitar bahkan dari seluruh dunia.

Aplikasi Tango memiliki banyak fitur komunikasi. Di sini, Anda juga bisa menjadi creator ataupun penonton influencer yang mengadakan live streaming. Di Tango, Anda dapat berkolaborasi dengan teman atau streamer lainnya untuk menciptakan pengalaman streaming yang menyenangkan.

10. Viber

Viber adalah platform aplikasi voice over IP dan pesan instan lintas platform yang dimiliki oleh perusahaan multinasional Jepang, Rakuten. Viber tersedia untuk platform Android, iOS, Microsoft Windows, macOS dan Linux.

Pengguna akan terdaftar dan diidentifikasi melalui nomor telepon seluler. Meski begitu, layanan ini dapat diakses pada desktop tanpa memerlukan konektivitas seluler. Selain pesan instan, Viber memungkinkan pengguna untuk bertukar media seperti gambar dan rekaman video.

11. Imo

Imo merupakan aplikasi perpesanan untuk chatting dan melakukan panggilan video. Anda dapat menggunakan alternatif ini di perangkat Windows, Android, Mac, dan iOS. Aplikasi ini difungsikan untuk komunitas yang besar. Bahkan, Imo memfasilitasi obrolan grup hingga 100 ribu anggota.

Soal kualitas video, tidak perlu khawatir. Meski jaringan sedang tidak bersahabat, kualitas video dapat beradaptasi dan tetap stabil. IMO merupakan chatting app dengan sistem cloud. Semua riwayat percakapan beserta datanya akan otomatis tersimpan aman di sistem cloud-based milik Imo apa pun jenis file medianya.

12. JustTalk

Opsi lainnya untuk bisa melakukan panggilan video adalah dengan JusTalk. Anda dapat melakukan panggilan video personal atau grup hingga 50 anggota dengan suara jernih dan kualitas video HD.

Dengan koneksi Wi-Fi, 3G, dan 4G, video dapat beralih dengan lancar tanpa hambatan. JusTalk memiliki fitur Night Vision sehingga Anda dapat melihat dengan jelas bahkan di tengah pencahayaan yang kurang. Fitur draw, doodles, dan mini games membuat pengalaman video call kian menyenangkan.

Related Articles