TECH

Cara Mendapatkan Uang dari Twitter X Lewat Monetisasi

Cek dulu syarat dan ketentuannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Twitter X Lewat Monetisasiilustrasi logo baru twitter (dok. tech.co)

by Eko Wahyudi

15 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara mendapatkan uang iklan dari Twitter X lewat program Ads Revenue Sharing. Pengguna twitter dengan logo centang biru wajib tahu langkah ini.

Twitter Ads Revenue Sharing merupakan program baru yang memungkinkan kreator konten untuk berbagi pendapatan dari iklan yang ditampilkan pada cuitan.

Program Ads Revenue Sharing Twitter X merupakan cara baru bagi kreator konten untuk mendapatkan uang dari cuitannya. Program ini masih dalam tahap awal, tetapi Twitter berencana untuk memperluasnya ke lebih banyak kreator pada masa mendatang. Nah, ada beberapa syarat program Ads Revenue Sharing yang wajib diketahui.

Syarat bergabung dengan program Ads Revenue Sharing

Untuk memenuhi syarat dalam program ini, kreator harus memenuhi kriteria berikut:

  • Memiliki akun X/Twitter Blue.
  • Memiliki minimal 500 pengikut atau followers.
  • Mendapatkan setidaknya 5 juta impresi iklan dalam tiga bulan terakhir.

Dilansir dari akun resmi Twitter X @Support, pihak Elon Musk sempat membuka syarat awal dengan 15 juta impresi dan minimal pencairan US$50.  Mulai 11 Agustus, kreator berpeluang mendapatkan uang dari X dengan mengumpulkan minimal 5 juta tayangan dengan organik dalam 3 bulan terakhir. Kemudian, diturunkan menjadi US$10 atau sekitar Rp150.000.

Setelah memenuhi syarat, kreator dapat mengaktifkan program ini pada pengaturan akun. Saat program diaktifkan, kreator akan mulai menerima bagian dari pendapatan dari iklan yang ditampilkan pada cuitannya.

Persentase bagian yang diterima akan bervariasi tergantung pada jumlah impresi iklan yang diterima. Program ini juga merupakan cara bagi Twitter untuk menghargai kreator konten yang membantu membuat platform ini tetap menarik dan bermanfaat bagi pengguna.

Cara kerja program bagi hasil

Cara kerja program bagi hasil iklan Twitter X sebagai berikut:

  • Pengguna yang memenuhi syarat dapat bergabung dan menyiapkan pembayaran dari dalam bagian Monetisasi aplikasi.
  • Ini ditemukan pada menu samping di iOS dan Android, dan menu overflow pada website.
  • Setelah Anda mengeklik ‘Gabung dan siapkan pembayaran’, Anda akan dialihkan ke pemroses pembayaran Stripe untuk menyiapkan akun
  • Setelah ikut serta, Anda akan menerima pembayaran rutin, selama Anda telah menghasilkan lebih dari US$50
  • X Twitter dapat mengubah atau membatalkan program kapan pun atas kebijakan sendiri, termasuk karena alasan bisnis, keuangan, atau hukum.

Cara mengajukan banding jika akun Anda ditandai untuk ditinjau:

  • Jika Anda menerima pemberitahuan bahwa pembayaran Anda telah dijeda karena akun ditandai untuk ditinjau, Anda memiliki kesempatan untuk mengajukan banding.
  • Akun Anda akan terus memperoleh pendapatan hingga keputusan akhir dibuat. Ini termasuk akun yang telah ditangguhkan.
  • Semua peserta akan memiliki kesempatan untuk mengajukan banding jika akun ditandai
  • Anda memiliki waktu 30 hari untuk mengajukan banding dengan mengirimkan pesan ke email X Twitter atau membalas email perusahaan dengan menyertakan bukti
  • Jika Anda tidak mengajukan banding dalam waktu 30 hari atau X Twitter menolak banding, Anda tidak akan memenuhi syarat untuk memulai kembali program bagi hasil iklan.