TECH

Punya Uang Rp16 Juta, Mending iPhone 15 atau Samsung S24?

Sama-sama smartphone kelas flagship

Punya Uang Rp16 Juta, Mending iPhone 15 atau Samsung S24?Ilustrasi perbandingan Samsung S24 vs iPhone 15 (Dok PCMAG)
23 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sedang mencari HP baru dengan dana Rp16 juta, tetapi masih bingung memilih antara Iphone 15 atau Samsung S24?

Kedua merek ini kerap disandingkan ketika merilis seri terbarunya, termasuk iPhone 15 dan Samsung Galaxy S24 yang menempati lini flagship.

Artinya, semua fitur mulai dari kamera, kualitas layar, material, dan fitur-fitur pendukung lainnya tidak perlu diragukan lagi.

Bagi para penggemar Apple, tentu mereka akan langsung menjatuhkan pilihannya kepada merek apel kroak ini, begitu pun penggemar Samsung.

Namun, bagi pengguna yang mengedepankan value for money, ini akan menjadi pilihan yang cukup membingungkan.

Lalu, dengan uang Rp16 Juta, Mending iPhone 15 atau Samsung Galaxy S24?

Menilik spesifikasi singkat iPhone 15 dan Samsung Galaxy S24

Apabila Anda telah menyiapkan budget Rp16 juta, dan ingin memilih antara Samsung S24 dan iPhone 15, maka akan mendapatkan iPhone 15 6/128 GB seharga Rp15.499.000, atau Galaxy S24 dengan penyimpanan 8/512 GB seharga Rp15.999.000. Walaupun begitu, sebenarnya Anda sudah dapat membelinya dengan harga Rp13.999.000 untuk penyimpanan 8/256 GB.

1. Performa

Dari segi performa, iPhone 15 dan Samsung Galaxy S24 sama-sama menggunakan prosesor teranyar dan tercanggih dari masing-masing merek. A16 Bionic dari dan Exynos 2400 merupakan prosesor yang sangat bertenaga dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

Selain itu, chipset ini juga memiliki efisiensi daya, serta pemrosesan gambar yang sangat baik.

2. Kamera

Dari segi kamera, Samsung Galaxy S24 memiliki tiga kamera di bagian punggungnya, dengan masing-masing resolusinya adalah 50 MP kamera utama, 12 MP ultrawide, 10 MP Tele 3x, dan 12 MP kamera depan.

Sementara itu, seri iPhone 15 reguler memiliki konfigurasi dua kamera di belakang, yaitu 48 MP kamera utama, sedangkan yang satunya 12 MP ultrawide.

Untuk perekaman video, Samsung memungkinkan Anda untuk merekam dengen resolusi maksimal 8K@24/30fps, sementara iPhone hanya 4K@30/60fps.

Keduanya juga sama-sama memiliki teknolgi optical image stabilization (OIS).

3. Layar

Kedua ponsel ini memiliki layar yang sangat berkualitas. iPhone 15 memiliki layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.1 inci yang cerah dan tajam, dengan refresh rate 60 hz, di mana sekarang ini telah banyak HP yang jauh lebih murah menawarkan refresh rate 120 Hz.

Sedangkan, Samsung Galaxy S24 memiliki layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.2 inci yang memiliki adaptive refresh rate hingga 120 Hz.

Namun, secara umum kedua teknologi yang disematkan oleh kedua merek tersebut sudah sangat baik. Baik Retina XDR maupun AMOLED 2x sama-sama menawarkan akurasi warna yang tinggi.

4. Baterai

Samsung Galaxy S24 memiliki keunggulan dalam hal kapasitas baterai. Ponsel ini memiliki baterai 4.000 mAh yang lebih besar dari baterai 3.349 mAh milik iPhone 15.

Kecepatan pengisian daya pada Samsung adalah sebesar 25 watt, sedangkan iPhone 15-20 watt.

5. Dukungan OS

Apple adalah brand yang terkenal dermawan dalam memberikan dukungan OS pada tiap produk smartphone yang mereka rilis.

Rata-rata HP iPhone memiliki dukungan OS hingga lima tahun sejak dirilis pertama kali. Namun, kini Samsung juga memberikan dukungan OS yang lebih lama jika dibandingkan beberapa tahun terakhir.

Samsung S24 bahkan akan mendapatkan pembaruan OS hingga tujuh tahun. Artinya, Anda bisa mendapatkan pembaruan sistem dan keamanan hingga Android 21 pada tahun 2031 (pada saat dirilis hadir dengan Android 14).

Dengan uang Rp16 juta, mending iPhone 15 atau Samsung Galaxy S24?

Setelah Anda mengetahui beberapa aspek dari kedua HP tersebut, tibalah saatnya untuk menentukan mana HP yang layak dibeli antara iPhone 15 dan Samsung Galaxy S24 jika Anda memiliki Rp16 juta.

Tentu saja, jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan selera Anda.

Jika Anda mencari ponsel dengan kamera terbaik, layar terbaik, dan kapasitas baterai yang besar, maka Samsung Galaxy S24 adalah pilihan yang tepat. 

Namun, jika Anda mencari ponsel dengan performa yang sangat kencang dan sistem operasi yang user-friendly, maka iPhone 15 adalah pilihan yang tepat.

Kendatipun demikian, bukan berarti kamera iPhone tidak berkualitas. Hanya saja, dari segi fiturnya, Samsung lebih banyak memiliki fitur pada kameranya.

Secara umum, kedua HP ini memiliki keunggulannya masing-masing, di mana Apple dengan iOS-nya, dan Samsung dengan One UI-nya yang sama-sama menawarkan fitur yang lengkap.

Samsung Galaxy S24 dan iPhone 15 adalah representasi smartphone yang cocok bagi pengguna dengan produktivitas tinggi dan performa all rounder. Semoga ulasan ini bisa memberikan referensi kepada Anda!

Related Topics