Comscore Tracker
TECH

Survei Telkomsel: Tokopedia & Shopee E-commerce Paling Dipercaya UMKM

Tokopedia jadi juara di semua aspek penilaian.

Survei Telkomsel: Tokopedia & Shopee E-commerce Paling Dipercaya UMKMPlatform e-commerce. Shutterstock/Koshiro K

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), melalui layanan survei digital tSurvey.id, merilis hasil survei mengenai pemanfaatan e-commerce oleh usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM). 

Menurut riset bertajuk Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (E-commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022, Tokopedia menjadi lokapasar paling dipercaya UMKM dengan persentase 76 persen. Setelahnya, diikuti Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli 14 persen.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang, mengatakan Telkomsel melalui survei ini berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler, yakni membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi pelaku industri dan masyarakat.

Menurutnya, riset pasar berbasis pengguna ponsel pintar, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, dan tidak secara acak atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“tSurvey.id menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku pasar online dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya,” kata Alfian dalam keterangan kepada media, Rabu (3/8).

Jajak pendapat ini digelar pada 10-24 Juni dengan melibatkan 1.000 responden UMKM online yang menggunakan ponsel pintar dengan nomor seluler Telkomsel.  Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek mencapai 60 persen, pulau Jawa non-Jabodetabek 30 persen, dan luar pulau Jawa 10 persen.

E-commerce pilihan

Dalam hal e-commerce yang dianggap memberikan pengalaman memuaskan bagi UMKM, 69 persen responden memilih Tokopedia. Sedangkan, Shopee harus puas di posisi kedua (62 persen), diikuti Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 persen).

Sedangkan, aspek lokapasar dengan pelayanan paling memuaskan bagi pelaku usaha juga dimenangkan oleh Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 persen). Lalu, marketplace yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan secara daring adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), dan Bukalapak (2 persen).

Survei Telkomsel menggarisbawahi sejumlah fitur e-commerce yang dianggap akan menjadi nilai lebih ketimbang lokapasar lain, yakni kemudahan penggunaan (70 persen), fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik (70 persen), tampilan user interface (UI) (70 persen), serta sistem pembayaran (73 persen).

"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden,” ujar Alfian.

Dalam kesempatan tersebut, Alfian mengatakan Telkomsel akan senantiasa mempercepat pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, terutama untuk mendorong keputusan bisnis berbasis data demi menciptakan peluang kemajuan.

tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi Data Solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas. Kapabilitas platform ini diperkaya dengan data insight telekomunikasi dari lebih dari 170 juta pelanggan

Related Articles