Comscore Tracker
TECH

Telkomsel Rilis Fitur Keamanan TAP-MNV, Diklaim Lebih Canggih Dari OTP

TAP-MNV menawarkan keamanan data bagi pelanggan korporasi.

Telkomsel Rilis Fitur Keamanan TAP-MNV, Diklaim Lebih Canggih Dari OTPVice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo dan Vice President Core Network Engineering & Deployment Telkomsel Iswandi saat peluncuran Mobile Network Verification (MNV) di Jakarta, Selasa (28/6). Dok/Telkomsel.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Telekomunikasi Seluler merilis solusi keamanan digital Mobile Network Verification (MNV) yang merupakan bagian dari Telkomsel Authentication Protection (TAP). Layanan ini dihadirkan secara khusus untuk ikut meningkatkan keamanan data di segmen korporasi (enterprise).

Solusi TAP-MNV ini memungkinkan pengguna melakukan autentikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon (MSISDN) dengan memanfaatkan jaringan operator selular secara real-time.

Dalam implementasinya, sistem TAP-MNV ini akan memvalidasi URL yang hanya diketahui oleh perangkat atau merchant dan TAP-MNV. Proses tersebut menghilangkan faktor interaksi oleh pengguna untuk keamanan yang lebih baik. Validasi URL ini tidak terbatas pada jaringan Telkomsel saja, melainkan pada Wi-Fi atau bahkan operator selain Telkomsel.

Teknologi tersebut memungkinkan bentuk autentikasi implisit oleh jaringan operator. Solusi TAP-MNV ini turut hadir untuk menggantikan sistem verifikasi dua langkah yang rentan akan peretasan dan memakan waktu.

“Melalui solusi keamanan digital TAP-MNV, Telkomsel berupaya untuk membangun metode pengamanan yang lebih baik dibandingkan metode One Time Password (OTP) yang saat ini banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia,” kata Vice President Enterprise Business Management Telkomsel, Hanang Setiohargo, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (29/6).

Sederet keunggulan

Telkomsel, salah satu operator seluler di Indonesia. Shutterstock/farzand01

Hanang mengatakan solusi digital tersebut sejalan dengan komitmen perseroan dalam memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan lewat pemanfaatan teknologi.

Menurutnya, aktivitas digital masyarakat yang berkembang mesti diimbangi oleh penguatan keamanan data dari ancaman kejahatan siber. Dia mengutip data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menunjukkan ada 1,6 miliar serangan siber, meliputi peretasan, phising, scam, dan lain-lain tahun lalu.

Solusi keamanan TAP-MNV ini memiliki tiga keunggulan seperti seamless authentication, dengan proses autentikasi tidak melibatkan pengguna sama sekali, dan secure authencication yang memungkinkan pengguna tidak menerima informasi keamanan yang menghilangkan kemungkinan pihak ketiga mengakses pada perangkat lain.

Lalu, solusi ini easier to develop dengan tidak memerlukan banyak resource untuk pengembangannya karena proses autentikasi terjadi melalui carrier network. “Solusi keamanan digital TAP-MNV akan semakin meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggannya, karena proses autentikasi dilakukan dengan cepat, serta dapat mengurangi resiko pencurian data atau pengambilalihan akun,” ujarnya.

Teknologi TAP-MNV ini kontan diimplementasikan oleh PT Benevit Vantage Limited. Dalam kerja sama dengan Telkomsel, perusahaan IT tersebut akan memanfaatkan solusi digital MNV untuk meningkatkan keamanan data sehingga berdampak pada pengembangan bisnis yang lebih optimal.

“Kami menjalin kolaborasi dengan Telkomsel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui dukungan produk dan layanan yang berorientasi pada customer-centricity,” kata CEO Benefit Vantage Limited, Stefan Kostic.

Related Articles