Comscore Tracker
TECH

Apple Luncurkan iOS 16, Ini Fitur Terbarunya 

Ada iphone yang tidak dapat menggunakan iOS 16.

Apple Luncurkan iOS 16, Ini Fitur Terbarunya Tampilan iOS 16 Apple/Dok Apple

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Apple meluncurkan sistem operasi iphone melalui iOS 16. Sistem terbaru ini diperkenalkan pertama kali dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022.  

Mengutip laman resmi Apple, iOS 16 menghadirkan sejumlah peningkatan fitur. Di antaranya, layar kunci atau lock screen, fitur berbagi iCloud Shared Photo Library, hingga lainnya. 

Namun demikian, sebelum merilis iOS 16 secara resmi, iOS 16 versi beta akan diluncurkan pada Juli 2022 mendatang. Sementara peluncuran sepenuhnya akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2022. 
 

Fitur baru layar kunci

Apple merombak desain layar kunci iPhone dengan memindahkan notifikasi ke bagian bawah layar untuk menyisakan lebih banyak ruang untuk foto. Selain itu, untuk pertama kalinya fitur widget ditampilkan pada halaman depan seperti cuaca, kalender, hingga status baterai AirPods. 

Lock screen juga dapat berfungsi sebagai fitur Focus yang memungkinkan pengguna mengatur layar kunci yang berbeda-beda berdasarkan kondisi apakah pengguna sedang bekerja, bepergian, atau duduk di rumah.

Pembaruan fitur pesan

Selain itu, pengguna dapat mengedit atau mengingat pesan yang baru dikirim serta memulihkan pesan yang baru dihapus. Pengguna juga bisa menandai percakapan yang belum dibaca sehingga mereka dapat mengeceknya lagi kemudian hari. 

Selain itu, SharePlay juga akan hadir di Messages. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati konten yang disinkronkan seperti film atau lagu dan kontrol pemutaran bersama sambil mengobrol di Messages atau pesan.

Fitur berbagi iCloud Shared Photo Library

Dengan iOS 16, pengguna bisa lebih mudah berbagi foto dengan anggota keluarga. Bila sebelumnya hanya bisa berbagi foto atau album satu per satu, kini pengguna dapat memiliki satu iCloud Shared Photo Library. Bahkan, pengguna bisa membagikan foto lebih luas dan memberikan akun iCloud lain untuk berkontribusi dalam proses pengeditan.

Semua anggota di perpustakaan foto bersama memiliki izin yang sama, sehingga pengeditan, favorit, dan penghapusan disinkronkan pada semua perangkat.

Ini daftar iphone yang tidak dapat menggunakan iOS 16

Sayangnya, dalam rilis iOS terbarunya, tidak semua tipe iPhone dapat menggunakan sistem operasi iOS 16. Hanya Iphone 8 ke atas yang dapat menggunakan iOS baru tersebut. Di antaranya iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max hingga iPhone SE (generasi kedua dan ketiga)

Sedangkan untuk Iphone 7 plus ke bawah tidak bisa mengupgrade dan menggunakan iOS terbaru. Di antaranya iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone SE generasi pertama, iPhone 6s Plus, iPhone 6s hingga tipe iPhone tipe ke bawah lainnya. 

Related Topics

Related Articles