Comscore Tracker
TECH

Flip Raih Pendanaan Seri B Senilai US$48 Juta 

Dana akan digunakan untuk ekspansi bisnis.

Flip Raih Pendanaan Seri B Senilai US$48 Juta Tampilan aplikasi Flip.id. (Flip.id)

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Perusahaan teknologi penyedia sistem pembayaran Flip memperoleh pendanaan Seri B senilai US$48 juta atau setara Rp689 miliar  yang dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners. 

Putaran investasi di Flip ini sekaligus menandai investasi pertama kali di Indonesia oleh Insight Partners, sebuah perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura global yang berbasis di New York. 

"Kami percaya bahwa kemitraan ini akan membantu kami dalam mengejar pertumbuhan dan mewujudkan visi kami untuk menghadirkan produk keuangan yang paling fair (adil) di Indonesia,” kata Rafi Putra Arriyan, Pendiri dan Direktur Utama Flip melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat (10/12). 

Dana akan digunakan untuk ekspansi bisnis

Flip berencana menggunakan pendanaan ini untuk mempercepat ekspansi bisnis dan memperkuat operasional di Indonesia. Selain itu, pihaknya juga akan menguatkan investasi pada teknologi untuk memberikan kualitas layanan. 

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik rekening bank saat melakukan transfer uang, mulai dari kenyamanan penggunaan produk, biaya admin transfer beda bank hingga alur transaksi. 

Oleh karena itu, Flip berupaya membantu para individu dan bisnis untuk meminimalkan kerumitan transaksi tersebut dan melakukan transfer uang dengan biaya rendah. 

Flip sediakan sistem pembayaran antar-bank hingga 100 bank

Beberapa produk Flip yang paling dominan di antaranya pembayaran P2P online dengan transfer beda bank ke lebih dari 100 bank domestik. Selain itu, Flip juga telah menyediakan pengiriman uang ke luar negeri (international remittance), isi ulang dompet digital (top-up e-wallet), dan produk-produk solusi bisnis. 

“Pendanaan baru ini merupakan bukti komitmen dan kegigihan tim kami. Hal ini menjadi sumber yang kami butuhkan untuk mendorong dan mempercepat misi kami dalam memberikan solusi inovatif," kata Rafi. 

Flip telah tumbuh secara signifikan di tengah meningkatnya adopsi teknologi. Flip melayani lebih dari tujuh juta pengguna untuk memproses berbagai jenis transaksi keuangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia serta untuk pengiriman uang ke luar negeri. 

Flip terus tingkatkan karyawan

Dengan melanjutkan sistem kerja jarak jauh (remote working), Flip telah menambah lebih dari 250 anggota tim atau karyawan untuk membangun layanan keuangan yang fair (adil) bagi jutaan orang Indonesia. 

"Perusahaan telah meningkatkan timnya sebesar 140 persen selama beberapa bulan terakhir," kata Rafi. 

Pendanaan baru ini mengikuti putaran Seri A Flip pada tahun 2020 yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan putaran awal (seed) pada tahun 2019 yang dipimpin bersama oleh Sequoia Capital India dan Insignia Ventures Partners.

Related Articles