Comscore Tracker
TECH

Cara Mudah Cek IMEI di HP Xiaomi, Oppo, Vivo hingga Samsung

Pengecekan IMEI bisa melalui box, hingga menu pengaturan.

Cara Mudah Cek IMEI di HP Xiaomi, Oppo, Vivo hingga SamsungXiaomi Store di Hangzhou, Cina. Shutterstock/Think A

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - International Mobile Station Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas perangkat yang terdiri dari 15 digit angka unik yang dimiliki setiap perangkat telepon seluler. Pengguna handphone (HP) berbagai merek, dari Xiaomi, Oppo, Vivo hingga Samsung kini bisa melakukan pengecekan nomor IMEI dengan mudah untuk mengetahui legalitas perangkat miliknya. 

Selain untuk mengecek keaslian perangkat, IMEI juga bisa menjadi bukti bahwa perangkat kita telah terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Kondisi tersebut harus diperhatikan, sebab, IMEI yang tidak terdaftar di kemenperin dapat diblokir sewaktu-waktu. Tak hanya itu, bila kita membeli HP di penjual tak resmi atau black market (BM) terkadang juga tidak memiliki IMEI resmi.

Untuk itu, kita bisa mengecek IMEI di perangkat Xiaomi kita apakah sudah terdaftar resmi atau belum dengan tiga cara berikut:

Cek IMEI melalui USSD

Xiaomi 12 Lite. Dok/Xiaomi.

Pengecekan IMEI yang mudah bisa melalui Unstructured Supplementary Service Data (USSD) pada menu telepon. Pertama, kita bisa buka menu Telepon/Dial. Lalu tekan nomor *#306#. Nomor IMEI akan muncul secara otomatis pada layar. Jika HP Anda hanya menggunakan satu kartu SIM, maka nomor IMEI hanya ada satu.

Jika ponsel mendukung dua kartu SIM maka akan ada dua nomor IMEI yang ditampilkan. Bila resmi dan terdaftar memungkinkan dua nomor yang terpasang tidak akan terblokir. Untuk keperluan mendatang, pengguna bisa langsung mencatat IMEI tersebut.

Cek IMEI melalui menu pengaturan

Xiaomi Mi 11 Ultra. Shutterstock/Jack Skeens

Pengecekan IMEI juga bisa melalui menu pengaturan. Tinggal buka HP dan pilih menu "Settings/Pengaturan" lalu pilih dan klik "About Phone". Setelah itu lanjut pilih menu "All specs" dan klik "Status".

Bila perangkat kita terdaftar dan resmi, nantinya pada kolom "IMEI" akan muncul. Kita bisa melihat nomor IMEI HP dan mencatatnya untuk keperluan mendatang. Kalau tidak terdaftar, maka IMEI tidak akan muncul.

Cek IMEI pada tulisan di box

Redmi Note 11. Shutterstock/Framesira

Selain cara tadi, kita juga bisa mengecek cara cek IMEI di kotak kemasan.

Di bagian belakang kotak penjualan HP, baik Xiaomi, Oppo, Vivo hingga Samsung danlain-lain, umumnya terdapat sebuah stiker atau label yang menampilkan informasi terkait identitas ponsel, termasuk nomor IMEI. Setelah melakukan pengecekan IMEI tersebut, kita bisa menyalin nomor IMEI dan mengecek keaslian melalui halaman imei.kemenperin.go.id.

Related Topics

Related Articles