TECH

Live Shopping Makin Diminati, Siapa Juara Pilihan Konsumen?

Shopee Live dan Tiktok bersaing ketat pikat konsumen.

Live Shopping Makin Diminati, Siapa Juara Pilihan Konsumen?Ilustrasi pemasaran dengan influencer marketing. Shutterstock/paulaphoto
07 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Berbelanja melalui Live Shopping semakin diminati oleh masyarakat hingga pertengahan tahun 2024. Kemampuan dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen dan bermanfaat bagi para brand lokal UMKM.

Pada survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, mengungkapkan bahwa Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM atau Top of Mind dengan persentase 77 persen, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live 19 persen, Tokopedia 3 persen dan Lazada 1 persen.



 

Market share Shopee Live capai 82%

Shopee. Shutterstock/Sergei Elagin
Shopee. Shutterstock/Sergei Elagin

Selanjutnya, dari segi market share, Shopee Live juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan bagi UMKM lokal dengan persentase 82 persen, diikuti oleh TikTok Live sebesar 18 persen.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Sedangkan, untuk tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. 

“Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar,” kata Andi melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (7/6).

Tren live shopping bergeser

ilustrasi menonton video di Youtube
ilustrasi menonton video di Youtube (unsplash.com.CardMapr.nl)

Related Topics