BUSINESS

Catat, Ini 10 Langkah Untuk Memulai Bisnis Fesyen

Bisnis fesyen tak harus selalu tentang membuat pakaian.

Catat, Ini 10 Langkah Untuk Memulai Bisnis FesyenTren fesyen hijab di Indonesia. (dok.Kemenparekraf)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

02 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Fesyen merupakan salah satu sub-ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar dan berkembang menjadi sebuah bisnis.

Seperti tertulis di crewdible.com, bisnis fesyen adalah usaha yang terkait di bidang pakaian. Tidak hanya sesuatu yang dikenakan pada tubuh, tapi juga aksesoris untuk memperindah penampilan. Pakaian merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer, sehingga permintaannya diprediksi akan tetap ada. 

Seiring dengan banyak permintaan, persaingan di industri fesyen pun tak terhindarkan. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis fesyen.

Selain menghasilkan produk pakaian sebagai founder jenama atau desainer, fesyen masih sangat luas menyediakan banyak ide bisnis lain, seperti fotografi fesyen, pemengaruh fesyen, hingga bisnis ekspor-impor fesyen. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memulai sebuah bisnis fesyen dengan merek sendiri.

1. Menentukan target pasar

Langkah pertama, Anda perlu menentukan target pasar dan siapa Anda akan menjual produk fesyen tersebut, apakah produk fesyen untuk anak-anak, dewasa atau pakaian yang secara khusus untuk laki-laki atau perempuan? 

Hal ini penting mengingat akan sulit sekali bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari semua kalangan. Untuk itu, Anda harus fokus pada target pasar spesifik supaya bisnis bisa berkembang dengan lebih mudah.

2. Riset produk

Riset ini penting dalam bisnis fesyen, karena Anda tak bisa menciptakan produk hanya karena sekedar hobi, tetapi juga harus tahu kebutuhan target pasar. Dengan demikian, Anda bisa semakin yakin lagi untuk menjual produk tersebut.

Related Topics