BUSINESS

Astra Bagi Aspirasi Bisnis Berkelanjutan di Paviliun Indonesia COP28

Astra telah mencatat berbagai pencapaian di 2022.

Astra Bagi Aspirasi Bisnis Berkelanjutan di Paviliun Indonesia COP28Astra mendukung Paviliun di Indonesia pada COP28. (dok. Astra)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

01 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Astra International Tbk, bagikan aspirasinya terkait membangun Bisnis Berkelanjutan di Paviliun Indonesia pada ajang Conference of The Parties 28 (COP28) Dubai, Uni Emirat Arab.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer, mengungkapkan  komitmen Astra pada isu keberlanjutan bisnis, dituangkan dalam Astra 2030 Sustainability Aspirations. “Dengan tujuan untuk bertransisi menjadi bisnis yang lebih berkelanjutan yang berkontribusi pada kekuatan dan ketahanan ekonomi Indonesia, mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (1/12).

Astra 2030 Sustainability Aspirations, kata Gita, berisi 10 poin aspirasi keberlanjutan yang merupakan panduan perjalanan transisi Grup Astra untuk menjadi perusahaan yang lebih berkelanjutan pada 2030 dan seterusnya. Salah satu penerapannya adalah untuk mengurangi emisi karbon di tujuh lini bisnis Astra (Otomotif, Jasa keuangan, Alat berat dan pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi informasi, dan Properti)

Sepanjang 2022 Grup Astra telah menurunkan emisi gas rumah kaca cakupan 1 dan 2 sebesar 10 persen, kemudian 43 persen bauran energi terbarukan untuk mendukung kegiatan operasional, dan meningkatkan business resilience dengan pendapatan non-batu bara hingga 74 persen.

Astra 2030 Sustainability Aspirations

astra groupilustrasi astra group (dok.astra.co.id)

Laporan keberlanjutan Astra tahun 2022 memuat 10 poin aspirasi yang terbagi menjadi tiga fokus utama, yakni Portfolio, People, dan Public Contribution. Secara keseluruhan ke-10 poin tersebut adalah:

  1. Penurunan emisi gas rumah kaca
  2. Pengelolaan energi
  3. Pengelolaan limbah padat
  4. Pengelolaan air dan air limbah
  5. Ketahanan model bisnis
  6. Keberagaman dan inklusivitas karyawan
  7. Keselamatan dan kesehatan kerja
  8. Keberagaman dan inklusivitas manajemen
  9. Pengembangan masyarakat
  10. Penguatan tata kelola dengan standar internasional

Strategi resiliensi

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer.Direktur Astra, Gita Tiffani Boer. (dok. Astra)