BUSINESS

Beberapa Istilah Penting Perhotelan yang Perlu Anda Ketahui

Sudah siap untuk libur akhir tahun?

Beberapa Istilah Penting Perhotelan yang Perlu Anda KetahuiShutterstock/Boyloso

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

18 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Musim libur akhir tahun sudah hampir tiba, hotel-hotel pun mulai aktif menawarkan paket akomodasi terbaiknya bagi para wisatawan. Berikut beberapa Istilah Perhotelan yang mungkin sudah familiar atau jarang terdengar sebelumnya yang dapat membantu Anda sebelum memesab akomodasi.

Sejumlah istilah, seperti check in, check out, booking merupakan istilah dasar yang selalu disebutkan dalam berbagai aktivitas perhotelan. Tapi, selalin istilah tadi, masih banyak lagi istilah lain yang memiliki arti penting dalam dunia perhotelan.

Dengan mengetahui beberapa istilah ini, Anda bisa lebih terbantu dalam memahami komunikasi yang terjadi antar staf dan juga bisa lebih mudah untuk menyampaikan kebutuhan Anda kepada mereka selama menginap.

Melansir beberap sumber, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa istilah perhotelan tersebut.

OTA

Mengutip ruber.id, dunia digital juga merambah sektor perhotelan. Pemesanan hotel via aplikasi pemesanan secara daring disebut juga OTA (Online Travel Agent). Beberapa platform yang menyediakan layanan ini contohnya,  Tiket.com, Traveloka, Agoda, atau Booking.com.

Umumnya hotel bekerja sama dengan OTA untuk menjaring lebih banyak tamu untuk menginap, karena konsumen biasa menggunakan OTA untuk memilih penginapan sesuai kategori yang dibutuhkan, dan mereka bisa membandingkan harganya, untuk mendapatkan fasilitas hotel terbaik yang sesuai budget mereka.

Occupancy rate

Occupancy rate biasa disebut juga sebagai tingkat hunian, merupakan istilah yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kamar-kamar hotel diisi. Tingkat ini dihitung dengan membagi jumlah kamar yang ditempati dengan jumlah total kamar yang tersedia dalam periode waktu tertentu.

Dengan demikian, occupancy rate menjadi indikator penting dalam mengevaluasi kinerja hotel dan mengatur strategi pemasaran dan harga yang tepat.

Related Topics