BUSINESS

Perkuat Pasar, Brand Vodka Belvedere Bawa Kemewahan Citarasa

Perusahaan targetkan penjualan naik 2 kali lipat di 2024.

Perkuat Pasar, Brand Vodka Belvedere Bawa Kemewahan CitarasaBelvedere, Polish Vodka. (Fortuneidn/bayu)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

04 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Moët Hennessy Asia Pacific Pte Ltd memastikan bahwa jenama Vodka Polandia premium, Belvedere hadir dengan Citarasa mewah. Cara ini diharapkan dapat mendorong brand perusahaan menjadi top of mind konsumen dan mendorong Keberlanjutan Bisnis.

Trade Marketing Manager Moët Hennessy Jakarta, Rizki Hartono, mengatakan hal ini perlu dilakukan, terlebih pangsa pasar minuman Vodka premium di Indonesia cukup sedikit. “Kalau di segmen premium ini, kami optimistis masih menguasai 30-40 persen,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, di kawasan Senopati, Jakarta, Sabtu (2/12).

Rizki mengungkapkan bahwa hingga saat ini, pasar utama Belvedere masih terpusat di Bali. Sementara, untuk Jakarta masih dikuasai oleh jenama Brandy premium yang jadi produk unggulan distribusi Moët Hennessy. “Di Bali masih jadi pasar utama karena para turis asing yang berkunjung ke sana, kalau siang atau sore, sambil menikmati Pantai itu, mereka lebih memilih Vodka yang fresh dibandingkan Whisky,” ujarnya.

Menurutnya, kemewahan Belvedere terdapat pada citarasanya yang unik, karena hanya dihasilkan dari bahan-bahan alami yang berasal dari Polandia. Vodka Belvedere juga berbeda dengan Vodka asal Rusia, karena tanpa menyertakan perisa buatan sama sekali, dan menggunakan bahan otentik dari Polandia, seperti gandum hitam (rye), air, serta melewati proses penyulingan dengan api.

“Proses Istimewa ini, membuat Belvedere punya rasa yang lembut, kaya, dan berbeda dengan jenis Vodka internasional lainnya, apalagi Vodka lokal yang penyulingannya banyak menggunakan gula tebu sebagai bahan. Belvedere itu murni 100 persen tanpa gula,” ujar Rizki.

Regenerasi pasar

Ki-ka: Rizky Hartono, Trade Marketing Manager MH; Matthew Heng, Chief Representative MH; dan Billy Chandra, Brand Manager MH.Ki-ka: Rizky Hartono, Trade Marketing Manager MH; Matthew Heng, Chief Representative MH; dan Billy Chandra, Brand Manager MH. (Fortuneidn/Bayu)

Selain menyasar kalangan ekonomi atas, Belvedere juga menjadikan pasar anak muda, yang kini mulai banyak didominasi oleh Gen-Z. “Mereka ini banyak yang mulai masuk usia yang diperbolehkan untuk mengonsumsi alkohol (21 tahun ke atas), dan jumlah mereka saat ini cukup besar, sehingga kami beranggapan bahwa target pasar pun harus beregenerasi untuk bisa terus berkelanjutan,” katanya.

Menurut Rizki, Belvedere adalah jenama Polish Vodka yang sudah sangat tua diproduksi–sekitar 600 tahun–di dunia. Sejalan dengan itu, berbagai jenama Vodka yang premium juga mulai banyak bermunculan dan berkompetisi meraih pangsa pasar.

Oleh sebab itu, sebagai bagian dari kebijakan perusahaan, jenama ini harus terus bisa bertahan dan bertumbuh, salah satunya dengan meregenerasi target pasar melalui berbagai pendekatan yang kreatif.

“JikabBrand ini tidak dibentuk ke benak generasi mendatang, maka lima tahun lagi, Belvedere tidak  ada yang minum,” ujar Rizki.

Pendekatan ke kalangan muda

Salah satu event yang diadakan Belvedere untuk menjangkau pasar anak muda, di Zoo, SCBD.Salah satu event yang diadakan Belvedere untuk menjangkau pasar anak muda, di Zoo, SCBD. (Fortuneidn/Bayu)