Comscore Tracker
BUSINESS

Lima Perusahaan Multinasional Asal Indonesia yang Sukses Mendunia

Siapa bilang perusahaan Indonesia cuma jago kandang?

Lima Perusahaan Multinasional Asal Indonesia yang Sukses MenduniaPeta dunia. (Pixabay/stokpic)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Indonesia kerap dibidik menjadi pasar yang potensial oleh perusahaan-perusahaan asing sebagai menjadi target pemasarannya. Sejumlah perusahaan multinasiona seperti Adidas, Nike, Apple, Google, hingga McDonalds atau Kentucky Fried Chicken (KFC) berseliweran di ruang-ruang publik Indonesia.

Namun, bagaimana dengan perusahaan Indonesia? Apakah perusahaan Indonesia ada yang beroperasi secara multinasional? jawabannya ada. Sebelum mengulas beberapa diantaranya, kita perlu memahami dulu arti perusahaan multinasional.

Investopedia menulis, perusahaan multinasional atau Multinational Corporation (MNC) adalah perusahaan yang bisnisnya beroperasi di satu negara atau lebih, selain negara asal perusahaan tersebut. Definisi lainnya adalah perusahaan yang memiliki 25 persen pendapatan dari luar negara asalnya.

Umumnya, perusahaan multinasional punya berbagai aset, seperti kantor, pabrik, atau fasilitas lain di negara selain negara asalnya. Secara manajerial, perusahaan multinasional memiliki satu kantor pusat yang mengoordinasikan manajemen perusahaannya secara global.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa perusahaan multinasional yang berasal dari Indonesia dan beroperasi juga di negara lain.

Indofood

Ilustrasi Indofood

Salah satu produk perusahaan yang bergerak di bidang pangan ini adalah Indomie. Selain disukai oleh masyarakat Indonesia, ternyata produk mie instan yang hadir dengan berbagai varian rasa ini juga memiliki pasar besar di negara lain.

Akhirnya, perusahaan yang memiliki nama lengkap PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini pun berekspansi secara global dan berhasil menggaet pasar internasional dengan salah satu produk unggulannya Indomie. Beberapa negara yang menjadi target pasar Indomie, yakni Mesir, Jordania, Nigeria, bahkan di Turki, Indomie memiliki satu pabrik untuk melayani permintaan mie instan dari pasar Eropa.

Gojek

Ilustrasi pengemudi Gojek.

Siapa warga Indonesia yang tak mengenal Gojek? Perusahaan startup decacorn yang bergerak di bidang teknologi ini berhasil mengembangkan sayap bisnisnya dengan layanan transportasi di negara lain, seperti Vietnam, Singapura, dan Thailand.

Uniknya, ekspansi bisnis transportasi berbasis kendaraan bermotor ini dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan dari masing-masing negara dan menggunakan nama yang lebih akrab dengan negara tersebut. Misalnya, nama Go-Viet untuk di Vietnam dan GET untuk di Thailand.

Garudafood

Perusahaan multinasional selanjutnya adalah Garudafood dengan berbagai produk makanan olahan yang diekspor ke luar negeri. Adapun target ekspor Garudafood fokus pada sejumlah wilayah di Asia seperti Asia Tenggara, India, dan Cina. Diketahui, perusahaan ini memiliki anak usaha bernama Goldenbird Pacific Trading Pte. Ltd, yang berlokasi di Singapura, yang membantu mendistribusikan produk mereka di pasar internasional.

Meski pandemi Covid-19 berdampak kurang baik bagi ekspor mereka, karena pembatasan yang dilakukan berbagai negara akibat merebaknya virus ini. Sebagai informasi, beberapa produk Garudafood yang kita kenal sehari-hari, antara lain Garuda untuk kacang dan snack pilus, Gery untuk biskuit, Chocolatos untuk biskuit dan minuman cokelat, Leo untuk keripik, Clevo untuk minuman susu, serta Prochiz dan Top Chiz untuk keju cheddar olahan serta salad dressing.

J.Co Donuts & Coffee

J.Co Conuts &Coffee.

Perusahaan selanjutnya masih di sektor pangan dan sudah tentu tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan sekaligus jenama besar ini dibangun oleh seorang hairstylish ternama Indonesia, yakni Johnny Andrean. Tanpa ragu, waralaba asli Indonesia ini pun terus mengembangkan sayapnya.

Kendati belum berstatus sebagai perusahaan terbuka, namun nyatanya kini nama besar J.Co Donuts & Coffee sudah sampai di berbagai penjuru dunia. Bukan hanya negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, atau Filipina, namun gerai donat ini juga bisa ditemui di negara-negara, seperti di Hongkong dan Arab Saudi.

Semen Indonesia

Logo Semen Indonesia.

Perusahaan terakhir yang akan kita bahas berkenaan dengan bahan dasar bangunan. Semen Indonesia adalah salah satu dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berhasil menancapkan bendera Merah Putih di negara lain, terutama pada kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Semen Indonesia berhasil membuat pabrik yang berada di Vietnam dengan nama Thang Long Cement Company.  Selain memiliki pabrik di luar negeri, semen Indonesia juga mengekspor produknya ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, dan lain sebagainya

Inilah lima diantara sekian banyak perusahaan multinasional asal Indonesia yang dikenal hingga negara lain. Dengan mengetahui ini, sewajarnya kita makin bangga sebagai warga negara Indonesia yang ternyata punya perusahaan-perusahaan yang tak kalah dengan perusahaan multinasional dari negara-negara besar lainnya.

Related Articles