BUSINESS

Perumnas Bidik Kinerja Positif Jelang Tutup Tahun 2023

Perumnas berupaya fokus pada pasar generasi milenial.

Perumnas Bidik Kinerja Positif Jelang Tutup Tahun 2023Perumahan Samesta Parayasa, Bogor. (parayasa.com)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

29 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor properti, Perum Perumnas, optimistis bisa menutup tahun 2023 denga Kinerja perusahaan positif. Pasalnya, hingga November 2023 perusahaan mencatat peningkatan  tahunan (YoY) bila dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

Direktur Utama Perumnas, Budi Saddewa Soediro, mengatakan bahwa pencapaian ini bukan hanya terjadi karena berbagai upaya di bidang pemasaran.

"Awal tahun ini kami turut mendigitalisasi proses bisnis Perumnas dengan diluncurkannya financial dashboard, kemudian kami pun tetap mempertahankan komitmen sebagai Badan Publik Informatif sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/12).

Berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan, di antaranya fokus pembangunan hunian berkonsep green building yang tidak hanya pada diterapkan pada vertical housing, tetapi juga rumah tapak.

Contohnya adalah perumahan Samesta Dramaga dan Samesta Parayasa, yang menggunakan material minim emisi karbon dan ramah lingkungan. Bahkan, inovasi tersebut menghasilkan sertifikat Bangunan Hijau. Selain itu, kinerja pembangunan hunian Perumnas juga mengalami peningkatan lebih dari 19 persen YoY, pada November tahun ini.

“Melalui berbagai inisiasi bisnis Perumnas yang menghasilkan tren positif berkelanjutan serta kontribusi properti yang memberikan andil yang cukup baik terhadap ekonomi nasional, kami harap dapat menghasilkan kepercayaan investor kepada kami, terlebih dengan serangkaian program seperti PMN Non Tunai yang kami optimis dapat garap dengan baik di tahun 2024 nanti,” ujar Budi.

Optimisme hadapi 2024

Hunian Perumnas, Samesta Mahata Serpong.Hunian Perumnas, Samesta Mahata Serpong. (dok. Perumnas)

Perseroan optimistis sektor properti akan mencatat pertumbuhan. Apalagi, sektor properti yang menyumbang 14,6 - 16,3 persen dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) nasional selama 2018-2022. Selain itu, permintaan dan kebutuhan hunian pun terus bertumbuh di tengah berbagai tantangan ekonomi yang terjadi.

Perumnas juga melihat potensi besar pada kalangan generasi milenial yang cukup tinggi, dengan preferensi yang dinamis. Generasi milenial yang tumbuh di era digital seperti saat ini, memiliki berbagai macam pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai segmen bankable dan non-bankable.

“Kami memiliki target dan roadmap yang jelas dalam menghadirkan, menyediakan serta mengembangkan inovasi pada suatu hunian bagi masyarakat. Segmen milenial pun kami anggap sebagai segmen pasar yang menarik karena memiliki potensi untuk memberikan dampak yang positif bagi aktivitas bisnis Perumnas,” kata Budi.

Untuk itu, Perumnas tidak hanya terfokus pada penyediaan hunian subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah, tapi juga pada hunian berkualitas yang menawarkan berbagai aspek fungsionalitas dan estetika. 'Rumah milenial' yang menawarkan kemudahan akses, desain modern, kawasan huni yang nyaman dan aman menjadi nilai andalan Perumnas.

Related Topics