Comscore Tracker
BUSINESS

Potensi Ekonomi Kreatif Saat Mudik Lebaran 2022 Capai Rp72 Triliun

Mudik Lebaran 2022 jadi peluang bangkitnya ekonomi kreatif.

Potensi Ekonomi Kreatif Saat Mudik Lebaran 2022 Capai Rp72 TriliunMenparekraf, Sandiaga S. Uno. (dok. Kemenparekraf)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S. Uno, menyebutkan bahwa potensi pergerakan ekonomi kreatif di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada masa mudik Lebaran 2022 bisa mencapai Rp72 triliun secara nasional.

Dasarnya adalah prediksi bahwa sekitar 40 persen dari pemudik nasional–diperkirakan 85,5 juta orang–akan berkunjung ke daerah tujuan wisata dan sentra ekonomi kreatif. “Daerah mana yang kemungkinan akan padat, kita buatkan travel pattern-nya supaya ketika terjadi kepadatan kita bisa alihkan ke desa-desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik,” kata Sandi seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Kamis (28/4).

Sandiaga menyampaikan bahwa libur dan mudik Lebaran 2022 ini adalah sebuah momentum kuat yang berpotensi mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat. Apalagi dua tahun terakhir masyarakat berada dalam situasi terbatas dan tidak bisa menikmati kebersamaan Idulfitri secara optimal. “Mudik ini is the greatest transfer of business opportunity,” ujarnya.

Sandiaga harap industri parekraf manfaatkan momentum Lebaran 2022

Menparekraf, Sandiaga Uno, mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Sandi berharap, seluruh pihak–baik pemerintah maupun masyarakat–bisa bergerak cepat untuk mengambil momentum Lebaran 2022. “Kita (pemerintah) bisa dorong ke sentra-sentra ekonomi kreatif seperti pusat kuliner, pusat jajanan. Maupun juga, kalau misalnya rest area sudah penuh, ada alternatif mereka bisa exit dan bergerak menuju tempat-tempat (wisata dan ekonomi kreatif),” katanya.

Sementara, bagi masyarakat, Sandiaga berharap dapat berbelanja berbagai produk ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing. Hal ini dinilai dapat meningkatkan perekonomian daerah hingga 10-20 persen.

Meski begitu, Sandi minta agar protokol kesehatan tepat dijalankan secara ketat dan disiplin. “Mudik dan libur lebaran 2022 benar-benar bisa membuka peluang usaha dan kebangkitan ekonomi serta lapangan kerja,” ujarnya.

Program unggulan desa wisata

Salah satu atraksi budaya daerah di kawasan desa wisata.

Desa wisata adalah salah satu program unggulan Kemenparekraf yang digadang-gadang bisa menjadi daerah unggulan pariwisata di sejumlah wilayah di Indonesia. Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, desa wisata juga diharapkan dapat mengenalkan budaya setempat ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia.

“Kami sudah memetakan ratusan desa wisata dalam perjalanan yang tidak terlalu jauh. Itu menawarkan sensasi yang unik yang berbeda. Tinggal di homestay selain jauh lebih murah, rasakan keseharian masyarakat desa sebagai daya tarik wisata,” kata Sandiaga mempromosikan program tersebut.

Menparekraf ajak masyarakat gunakan transportasi berizin resmi

Menparekraf/Kepala Barekraf, Sandiaga Uno.

Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022, Sandiaga juga mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi umum yang berizin resmi yang dapat mengantar pemudik sampai ke tujuan dengan aman dan sehat.

“Jika ada sesuatu hal yang negatif terkait pariwisata, pasti kebanyakan mengenai bus pariwisata yang mengalami kecelakaan. Itu menjadi tanggung jawab moril kami. Karena 70 persen bus-bus pariwisata tersebut menggunakan logo ‘Wonderful Indonesia’,” katanya.

Untuk itu, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, pihaknya mngajak masyarakat untuk mengakses SPIONAM (Sistem Sistem Informasi Perizinan Portal Angkutan dan Multimoda). Situs ini diluncurkan untuk mencegah maraknya angkutan ilegal (tidak berizin) yang beroperasi di jalanan.

“Momentum mudik Lebaran 2022 dipilih sebagai waktu yang tepat untuk mengenalkan SPIONAM kepada masyarakat dan juga pelaku industri khususnya di bidang angkutan transportasi wisata,” ujarnya.

Related Articles