BUSINESS

Produsen Momogi Terapkan Transformasi Digital, Didukung SAP dan IBM

ERP di Sari Murni Group adalah hasil kemitraan SAP dan IBM.

Produsen Momogi Terapkan Transformasi Digital, Didukung SAP dan IBMJajaran manajemen Sari Murni Group bersama tim SAP dan IBM Consulting. (dok. SAP-IBM)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

23 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Produsen camilan Momogi, Sari Murni Group, memulai sejumlah pembaruan. Perseroan mengawali perunahan tersebut dengan menerapkan transformasi digital dengan dukungan dari SAP Indonesia serta IBM Consulting.

Direktur Sari Murni, Teguh Ilham, mengatakan bahwa perusahaan menilai, pemimdahan Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaam ke komputasi awan (cloud) diperlukan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan otomatisasi proses bisnis end-to-end, serta meningkatkan inventaris maupun kontrol biaya atau harga, untuk mendukung pelaporan keuangan bulanan perusahaan dengan lebih baik.

Teguh bercerita bahwa sebelumnya, perusahaan sudah menggunakan ERP tailor-made–perangkat yang telah dikembangkan secara khusus untuk Sari Murni–tapi kinerjanya dirasa belum maksimal. Akhirnya, manajemen perusahaan pun sepakat untuk memperbarui ERP yang berjalan dengan sistem yang dimiliki SAP.

“Laporan, terutama PNL (profit and loss), dulu (sebelum pakai SAP) saya terima biasanya akhir pekan ke-3 atau pekan ke-4. Sekarang (setelah pakai SAP) pekan ke-1 udah keluar,” kata Teguh kepada media yang berkunjung ke pabrik Sari Murni Group, di Bogor, Rabu (22/11). “Bagian keuangan, dulu kerjanya rangkap-rangkap, tapi sekarang sudah nggak. Laporan sekarang sudah langsung dari produksi masuk ke finance, diolah, sampai ke sistem costing-nya, komplit.”

Sistem ini membantu dirinya, terutama dalam membuat kebijakan dan keputusan yang cepat dan tepat bagi perusahaan. “Sangat membantu sekali, terutama yang kaitannya dengan laporan ke pihak manajemen tertinggi," ujarnya.

Alasan pilih SAP

Direktur Sari Murni Group, Teguh Ilham, presentasi di hadapan media.Direktur Sari Murni Group, Teguh Ilham, presentasi di hadapan media. (dok. SAP-IBM)

Teguh menyebut, alasan utama Sari Murni Group memilih SAP, adalah karena sistem ini memiliki penerapan yang sangat baik di seluruh proses bisnis sebuah perusahaan, bahkan dari hulu hingga hilir. “Saya mau yang agak sophisticated sedikit lah, bisa nge-link antara produksi dan finance dalam sistemnya,” katanya.

Menurut Teguh, Jerman yang jadi homebase dari SAP, adalah salah satu negara di dunia dengan sistem manufacturing terbaik. Hal ini membuat SAP juga terjamin, di berbagai lini, baik penjualan, produksi, finansial, hingga sistem kepegawaian. Hal ini pun sudah terbukti secara sistem dan teknis di seluruh dunia. “Banyak juga perusahaan-perusahaan besar lain di Indonesia, menggunakan SAP untuk ERP,” ujarnya.

ERP tailor-made, kata Teguh, hanya optimal di satu lini bisnis saja–misalnya keuangan–sementara di lini lain, seperti produksi atau distribusi, perusahaan butuh ERP lain, yang belum tentu terintegrasi dengan sistem sebelumnya. Sementara itu, SAP memiliki sistem yang sangat terintegrasi, dari produk awal, hingga end-user, bahkan hingga ke customer bisa langsung cek.

Kemitraan SAP-IBM

RISE with SAP.RISE with SAP. (SAP.com)