BUSINESS

MORF Resmi Masuk ke Ekosistem IDN Media

MORF sukses menangani sejumlah talenta kreatif eksklusif.

MORF Resmi Masuk ke Ekosistem IDN MediaKanan-ke-kiri: William Utomo, Co-founder IDN Media; Deddy Corbuzier, Founder MORF; Winston Utomo, Founder IDN Media; Madasakti Octobiyanto, Head of MORF. IDN Media

by Bonardo Wahono

12 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - MORF, sebuah platform manajemen talenta untuk kreator konten atau key opinion leaders (KOL) di Indonesia, resmi menjadi bagian dari IDN Media, pada Jumat pekan lalu.

Sejauh ini, MORF telah sukses menangani sejumlah talenta kreator eksklusif seperti Janes CS, Karen Kurniawan, Sabila Rian, Gilang Seiya Rama, Jesslyn Nathania, Ilham Bachtiar #BapakCanggih, Gesya Shandy, Nadia Soekarno, Fajar Nugros, dan banyak lainnya.

Peluncuran MORF ini sejalan dengan visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi dan memberikan dampak positif bagi khalayak luas di Tanah Air.

Pada awalnya, MORF didirikan oleh Deddy Corbuzier, yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan potensi komunitas kreator konten di Indonesia. Deddy dikenal sebagai pembawa acara, dan saat ini aktif sebagai kreator konten pada berbagai platform daring.

“Saya sangat antusias berkolaborasi bersama IDN Media dalam mencari dan membina bakat-bakat baru di industri konten kreator. Sejak awal didirikan, MORF berkomitmen untuk mendukung perkembangan talenta-talenta berbakat di Indonesia. Melalui kerja sama dengan IDN Media, saya yakin akan semakin banyak kesempatan luar biasa terbuka bagi para kreator untuk mengeksplorasi potensi mereka dan membawa karya-karya berkualitas yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas," ujarnya dalam keterangan yang dikutip Selasa (12/9).

Dengan pengalaman puluhan tahun dalam industri hiburan, Deddy telah menghadirkan banyak inovasi strategis di bidang digital untuk membantu para talenta tumbuh dan berkembang pada industri tersebut.

IDN Media sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi kreatif dengan menggandeng kreator konten di Indonesia melalui dua unit bisnisnya, yaitu MORF dan juga platform ICE (Indonesia Creators Economy).

Melalui platform ICE, IDN Media berusaha memberdayakan para kreator lokal dengan memberikan akses yang lebih luas serta peluang berkolaborasi dengan berbagai merek dan perusahaan di Indonesia.

Hal ini bertujuan agar para kreator dapat meningkatkan visibilitas karyanya dan mendapatkan penghasilan lebih berkelanjutan.

Via MORF, IDN Media memiliki komitmen penuh untuk memenuhi kebutuhan akan kreator dengan cara membina talenta-talenta berbakat hingga mencapai tingkat kesuksesan lebih tinggi.

Sebagai talent management platform, MORF melaksanakan seluruh proses pencarian dan pengembangan talenta secara menyeluruh, mulai dari mengidentifikasi bakat-bakat potensial pada berbagai platform media sosial, memberikan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kehadirannya di media sosial, hingga melibatkan para talenta dalam proyek-proyek komersial seperti iklan, sponsor, live shopping, dan berbagai kegiatan lainnya.

Dengan memberikan pembekalan dan manajemen kerja yang eksklusif dan terukur, MORF berperan penting dalam mencetak kreator-kreator potensial yang dapat berkontribusi positif dalam dunia industri konten di Indonesia. Dengan begitu, MORF tidak hanya meningkatkan eksistensi para kreator, tetapi juga mendorong perkembangan industri kreatif di tanah air.

Mengomentari fusi ini, co-founder IDN Media, William Utomo, menyatakan antusiasmenya. "Saya sangat optimis bahwa MORF akan terus berkembang bersama IDN Media dan mampu memberikan dampak yang semakin besar di masa depan,” ujarnya dalam keterangan resmi. 

Antusiasme juga disampaikan oleh Head of MORF, Madasakti Octobiyanto. Dia mengatakan, "Visi kami sekarang dan seterusnya adalah memberdayakan bakat-bakat lokal dan menciptakan kreator-kreator yang berkualitas, serta mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia.”